Ilustrasi pembuatan SIM. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi pembuatan SIM. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

SIM

Pengurusan SIM Online, Bamsoet: Tak Perlu Datang

Ekawan Raharja • 19 Februari 2021 19:00
Jakarta: Di tengah pandemi yang berlangsung hingga sekarang ini membuat sejumlah peraturan diubah demi mengurangi dan mencegah kerumunan yang bisa meningkatkan penularan Covid-19. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mendukung Korlantas Polri untuk mengubah tata cara ujian teori bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) yang tak lagi harus hadir secara fisik.
 
Pria yang menjabat juga sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) berharap pengurusan sim bisa dilakukan secara online dari rumah saja. Kehadiran fisik hanya diperlukan bagi yang akan menjalani tes praktek uji mengemudi, pada saat pertama kali mengajukan pembuatan SIM.
 
"Bagi yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM juga tidak perlu datang langsung ke kantor pelayanan pembuatan SIM. Melainkan cukup mengisi formulir secara online dari rumah. Tak hanya itu, SIM yang sudah jadi akan diantarkan langsung ke depan pintu rumah warga, sehingga warga tak perlu lagi repot datang langsung dan antri," ungkap Bamsoet dikutip dari situs resmi MPR RI.
 
Dia menjelaskan pelayanan SIM ini sudah menjadi bagian dari program 100 hari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Diharapkan pelayanan ini sudah bisa berjalan per April 2021.
 

Kekuatan SIM Internasional Indonesia Harus Ditingkatkan

Selain itu, Bamsoet juga menyinggung mengenai SIM Internasional yang dikeluarkan kepolisian Indonesia. Dia berharap kekuatannya bisa ditingkatkan dan dapat diterima di semua di negara.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif