Ada Banyak Model Toyota yang Terjaring Recall, Mobil Anda Termasuk?
Adri Prima • 18 Maret 2021 16:31
Jakarta: Toyota Indonesia akhirnya mengumumkan program recall menyusul isu komponen yang bermasalah terhadap beberapa model yang mereka pasarkan.
Aktivitas recall meliputi proses pengecekan dan penggantian parts di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali alias gratis di seluruh jaringan bengkel Toyota yang saat ini berjumlah 298 bengkel di seluruh Indonesia.
Untuk mengetahui apakah kendaraan Anda masuk dalam program recall ini bisa mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota.
Jika kendaraan Anda masuk ke dalam program ini, maka dianjurkan untuk secepatnya menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk dilakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraan jika diperlukan.
Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.
Aktivitas “recall” atau penarikan kembali produk yang sudah ada di tangan konsumen, merupakan hal yang sudah umum terjadi, dan pernah dilakukan Toyota pada tahun-tahun sebelumnya.
"Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor lewat keterangan tertulis Kamis 18 Maret 2021.
Aktivitas Recall Fuel Pump
Sebelumnya, TAM sudah melakukan aktivitas recall terkait masalah komponen pompa bahan bakar pada kendaraan pada bulan Juli 2020 lalu. Pada saat itu, Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, dan Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017-2019 masuk dalam aktivitas recall ini.
Sejak pemberitahuan secara resmi kepada pelanggan pada akhir Juli tahun lalu hingga saat ini, lebih dari 60% dari total kendaraan yang terlibat pada saat itu sudah dicek dan diperbaiki komponennya di bengkel resmi Toyota.
Sebagai kelanjutan dari upaya untuk menjamin keselamatan pelanggan, Toyota terus melakukan monitor di lapangan dan melakukan pengecekan apakah model-model lainnya juga mengalami hal serupa.
Berdasarkan hasil pengecekan, Toyota memperluas cakupan model-model yang masuk ke dalam aktivitas ini, yaitu Alphard tahun produksi 2017-2019, C-HR tahun produksi 2018-2019, Corolla tahun produksi 2019, Camry tahun produksi 2019, Voxy tahun produksi 2018-2019, Kijang Innova tahun produksi 2018-2019, Fortuner tahun produksi 2018-2019, Hilux tahun produksi 2019, Avanza tahun produksi 2017-2019, dan Rush tahun produksi 2017-2019.
Sehingga TAM mengajak kembali para pemilik beberapa model kendaraan Toyota dengan produksi tahun yang dimaksud di atas untuk segera melakukan pengecekan dan jika diperlukan maka melakukan penggantian fuel pump kendaraannya. Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 2-4 jam.
Selain Toyota, saudaranya Daihatsu juga menggelar recall untuk beberapa model seperti Terios, Xenia serta Sirion karena masalah komponen yang sama yakni Fuel Pump.
Jakarta: Toyota Indonesia akhirnya mengumumkan program
recall menyusul isu komponen yang bermasalah terhadap beberapa model yang mereka pasarkan.
Aktivitas recall meliputi proses pengecekan dan penggantian parts di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali alias gratis di seluruh jaringan bengkel Toyota yang saat ini berjumlah 298 bengkel di seluruh Indonesia.
Untuk mengetahui apakah kendaraan Anda masuk dalam program recall ini bisa mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota.
Jika kendaraan Anda masuk ke dalam program ini, maka dianjurkan untuk secepatnya menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk dilakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraan jika diperlukan.
Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.