Xpander Cross melintasi kawasan Citorek, Gunung Luhur di Jawa Barat. Medcom.id/Ekawan Raharja
Xpander Cross melintasi kawasan Citorek, Gunung Luhur di Jawa Barat. Medcom.id/Ekawan Raharja

Test Drive

Lahap Jalur Ekstrim Pakai Small MPV Gerak Roda Depan

Ekawan Raharja • 09 Oktober 2020 17:00
 
"Dalam kondisi jalan menanjak dan licin, tetap fokus dan tenang jadi kuncinya. Tidak berlebihan dalam menginjak pedal gas agar roda depan tetap dapat traksi," ujar Rifat.
 
Alhasil teori itu memang berjalan dengan mulus meski beberapa kali ban depan sempat kehilangan traksi beberapa waktu. Putaran mesin yang konstan di 1.500 - 2.000 RPM, kemudian bantuan fitur active stability control dan kontrol traksi, membuat roda depan tetap dapat traksi yang cukup untuk menarik bobot mobil.
 
Lahap Jalur Ekstrim Pakai Small MPV Gerak Roda Depan 

Jarak dari Permukaan Jalan Harus Tinggi

Salah satu syarat yang harus terpenuhi jika ingin melibas jalur semi offroad seperti ini, adalah bodi mobil yang tinggi dari permukaan jalan. Kebetulan mobil ini memiliki jarak sekitar 225 mm dari permukaan jalan dan ini cukup membantu untuk melibas median jalan yang berbatu seperti jalur semi offroad.
 
Sayangnya, kami tak sempat melakukan pengetesan dengan jumlah penumpang banyak. Mengingat kondisi sekarang ini tak memungkinkan untuk itu. Namun jangan pernah membandingkannya dengan SUV tulen seperti Pajero Sport. Lantaran dari sisi spesifikasi mesin, fitur dan kemampuannya jelas pasti akan berbeda. 
 
Namun jika Anda berpikir untuk melalui jalur seperti ini dengan mobil low MPV lainnya yang juga berpenggerak roda depan, pastikan jarak antara dasar mobil dengan permukaan jalan cukup. Agar bagian bawah mobil tetap aman dan tidak tergerus permukaan bebatuan yang mencuat di jalur kasar.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan