Toyota Kijang Innova. Toyota
Toyota Kijang Innova. Toyota

Mobil Listrik

Tebak-Tebakan Teknologi Hybrid di Toyota Kijang Innova

Ekawan Raharja • 10 Maret 2022 14:00
Jakarta: Pasar otomotif nasional diketahui akan kedapatan mobil listrik baru berupa Toyota Kijang Innova hybrid. Sebelum mobil ini diperkenalkan, mari menebak kira-kira teknologi hybrid apa yang akan dibenamkan di mobil keluarga tersebut.
 
Kijang Innova diketahui menggunakan sasis ladder frame Innovative International multi purpose (IMV), sama seperti yang digunakan di Fortuner dan Hilux. Di global, belum ada mobil-mobil dengan sasis IMV yang menggunakan teknologi hybrid.
 
Kalau melihat berdasarkan ukurannya, teknologi hybrid yang digunakan oleh Toyota Voxy berpeluang untuk digunakan. Multi purpose vehicle (MPV) boxy di Jepang itu menggunakan kombinasi mesin 1.8L empat silinder DOHC berkode 2ZR-FXE dengan teknologi series parallel hybrid.
 
Cuma perlu diingat bahwa Voxy menggunakan CVT dan penggerak roda depan, sedangkan Kijang Innova menggunakan transmisi otomatis konvensional dengan penggerak roda belakang. Sehingga perlu perubahan yang cukup signifikan untuk menggunakan teknologi hybrid ini.
 
Jika kurang bertenaga, masih ada juga teknologi hybrid seperti yang ada di Camry dengan mesin lebih besar. Sedan mewah tersebut mengandalkan mesin konvensional dan hybrid A25A-FXS Hybrid 2.500 cc L Inline 4 silinder DOHC bertenaga 178 ps @ 6.000 rpm dan torsi 220 Nm @ 3.600-5.200 rpm serta motor listrik berdaya puntir 202 Nm.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif