Ilustrasi SPKLU. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi SPKLU. Medcom.id/Ekawan Raharja

Industri Otomotif

Percepat Pembangunan SPKLU, Pemerintah Siapkan Beragam Insentif

Otomotif PLN industri otomotif Tarif Listrik Subsidi Listrik SPBU Listrik Kendaraan Listrik
Ekawan Raharja • 15 September 2021 14:00
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menyiapkan sejumlah insentif dan kemudahan perizinan bagi badan usaha dan pemilik kendaraan listrik. Harapannya, pembangunan ekosistem kendaraan listrik melalui penyediaan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dapat segera terealisasi.
 
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan ESDM, Rida Mulyana, menyebutkan sejumlah insentif yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha yang ingin membangun SPKLU. Salah satunya insentif yang akan disediakan adalah tarif listrik khusus.
 
"Pemerintah memberikan insentif tarif curah sebesar Rp714/kWh untuk Badan Usaha SPKLU dengan tarif penjualan maksimal Rp2.467/kWh. Jadi marginnya lumayan lebar," kata Rida dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM.
 
Tak hanya insentif tarif, Pemerintah juga memberikan keringanan biaya penyambungan dan/atau jaminan langganan tenaga listrik hingga pembebasan rekening minimum selama dua tahun pertama untuk Badan Usaha SPKLU yang bekerjasama dengan PT PLN (Persero).
 
"Perizinan ini kembali dipermudah dalam Permen ESDM Nomor 5 Tahun 2021 di mana sebelumnya penetapan wilayah usaha untuk SPKLU membutuhkan rekomendasi dari Pemerintah Daerah, saat ini dapat digantikan dengan dokumen bukti kepemilikan lahan SPKLU atau perjanjian kerjasama dengan pemilik lahan SPKLU," tambah Rida.
 
Halaman Selanjutnya
  Badan Usaha SPKLU memiliki…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif