Tak hanya jago bikin ban, Bridgestone pun jago adopsi satwa langka Indonesia, yaitu orang utan. Bridgestone
Tak hanya jago bikin ban, Bridgestone pun jago adopsi satwa langka Indonesia, yaitu orang utan. Bridgestone

Jago Bikin Ban, Bridgestone juga Jago 'Adopsi' Orang Utan

Otomotif komponen otomotif ban mobil ban motor Wuling GIIAS 2019
Ahmad Garuda • 21 Juli 2019 07:32
Samboja: Dampak terhadap lingkungan dari sisi industri hulu otomotif, kini mulai jadi fokus besar para produsen komponen, bahkan untuk kendaraan itu sendiri. Hal ini pun dilakukan produsen komponen otomotif yaitu karet dan ban PT Bridgestone Mining Solutions Indonesia (BMSI).
 
Mereka tak hanya peduli soal riset ban berkualitas dari karet yang bagus. Namun juga melanjutkan komitmennya terhadap lingkungan melalui program 'Support Orang Utan' di hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur.
 
Proses adopsi ini dilakukan pada Jumat, 19 Juli 2019 dan menjadi bagian besar dari komitmen global CSR Bridgestone Corporation yang salah satunya adalah fokus terhadap keberlangsungan ekosistem alam tempat manusia hidup. Tentu ini sangat mudah dipahami, apalagi sebagai produsen ban yang tingkat ketergantungannya sangat tinggi terhadap pohon yang menghasilkan getah karet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami punya slogan 'Our Way To Serve' jadi refleksi filosofi perusahaan jangka panjang. Tentu sebagai langkah nyata untuk melestarikan ekosistem lingkungan hidup. Tapi tentu ini tidak bisa berjalan sendiri, harus didukung oleh pemerintah dari segala sisi," klaim Presiden Direktur BMSI, Yuji Fushimi.
 
Merkea juga bekerja sama dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) untuk mengadopsi anak orang utan berumur antara tiga dan empat tahun bernama Mayer dan Andreas.
 
“Adopsi orang utan adalah bagian dari pilar kepedulian lingkungan dari kami. Tentunya ada harapan besar bahwa donasi ini dapat menjadi bagian kontribusi kami untuk pelestarian satwa unik khas Indonesia yang terancam punah.”
 
Proses adopsi ini pun tak mudah, lantaran BOS ini akan melatih keterampilan orang utan agar bisa bertahan hidup di hutan secara mandiri. Pada akhirnya, seluruh orang utan yang telah direhabilitasi oleh BOS tersebut harus dilepaskan kembali ke habitatnya di hutan belantara yang liar.
 
“Kami sangat bersyukur dan bangga dapat kembali melanjutkan kerja sama dengan Bridgestone Group di Indonesia untuk menjadi salah satu donatur bagi orang utan Kalimantan kami. Semoga Orangutan ini bisa dikembalikan ke habitatnya. Kita berharap ke depannya akan semakin banyak orang utan hidup di hutan, bukan di kandang.”
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif