Jusuf Kalla resmi membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2019. medcom.id/Bagus Rachmanto
Jusuf Kalla resmi membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2019. medcom.id/Bagus Rachmanto

GIIAS Resmi Dibuka, Jusuf Kalla Minta Industri Tak Melupakan Sejarah

Otomotif jusuf kalla giias GIIAS 2019 Wuling GIIAS 2019
M. Bagus Rachmanto • 18 Juli 2019 11:26
Tangerang: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. JK berharap penyelenggaraan pameran ini tidak hanya mendorong penjualan mobil untuk pasar lokal saja, tapi juga bisa menembus pasar ekspor.
 
"Industri otomotif agar terus didorong untuk pasar ekspor. Peran industri otomotif di ekonomi kita sangat besar. Ada di posisi ke delapan di sektor komoditas unggulan ekspor non migas," ucap JK di acara Opening Ceremony GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).
 
JK mengatakan dengan mengusung tema Future in Motion artinya dinamika industri mobil ke depan, dan mengetahui sejarah industri otomotif Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sudah ada sebelum perang. Sudah ada dari pabrik General Motors di Tanjung Piriok. Setelah tahun 60an mobil Amerika jarang masuk karena berbagai hal. Setelah itu tahun 1960 dipakai Astra untuk Toyota asembiling. Masuk SKD kemudian CKD masuk. Dengan lokal komponen yang terus berkembang. Jadi kemajuan kita terus," kata JK.
 
GIIAS Resmi Dibuka, Jusuf Kalla Minta Industri Tak Melupakan Sejarah
 
Menurutnya kemajuan industri otomotif juga berkaitan dengan kemajuan ekonomi kita di Jakarta dan kota lain. "Saya ulangi kalau ekonomi itu (naik) kalau sudah terlihat macet. Karena negara yang bisa beli mobil. Negara miskin enggak ada yang macet. Tapi tentu diatur Menteri Perhubungan agar pemakaian kendaraan ini bisa teratur," pungkas JK sambil berkelakar.
 
JK juga berharap dengan tema Future in Motion, penyelenggaraan GIIAS kali ini semakin mendorong pertumbuhan ekspor di indonesia.
 
Pameran otomotif GIIAS 2019 diselenggarakan dari 18 hingga 29 Juli mendatang. Pameran ini diikuti sejumlah produsen mobil dari berbagai negara. Bahkan jadi momentum yang digunakan banyak pabrikan untuk meluncurkan produk terbaru dan memperkenalkan teknologi anyar yang mereka miliki.
 
Salah satu yang jadi komitmen besar industri otomotif nasional saat ini adalah elektrifikasi otomotif yang sudah mulai terlihat di sektor industri. Tinggal menunggu pengesahan regulasi dari pemerintah.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif