Suasana ekspor mobil Toyota di pelabuhan. Toyota
Suasana ekspor mobil Toyota di pelabuhan. Toyota

Industri Otomotif

Industri Otomotif Ambil Bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional

Ekawan Raharja • 27 Desember 2021 10:00
Jakarta: Akselerasi pemulihan ekonomi menjadi prioritas utama Pemerintah Indonesia dalam menyambut pergantian tahun 2022 yang akan berlangsung dalam beberapa pekan. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan fokus APBN tahun 2022 adalah menjaga momentum pemulihan ekonomi dan secara bertahap menyehatkan kembali penerimaan negara.
 
Kementerian Keuangan berharap kebijakan stimulus mampu meningkatkan konsumsi masyarakat, khususnya terhadap produk-produk unggulan industri kendaraan bermotor dalam negeri, sebagai upaya mempercepat ritme pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Regulasi ini turut membantu target Bank Indonesia yang telah mengumumkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan mencapai 4,7-5,5 persen didorong dengan berlanjutnya perbaikan ekonomi global yang berdampak pada kinerja ekspor yang tetap kuat serta meningkatnya permintaan domestik dari kenaikan konsumsi dan investasi. 
 
Pertumbuhan industri otomotif baik pasar domestik dan ekspor nyatanya berperan menjadi lokomotif ekonomi nasional. Berbagai kebijakan dan regulasi yang digulirkan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian terbukti dapat menjadi stimulus aktif peningkatan penjualan kendaraan dalam negeri dan performa ekspor yang positif. Kehadiran insentif PPnBM mendorong konsumsi domestik sepanjang Jan-Nov 2021 mencapai 761 ribu unit, atau berangsur pulih sebesar 81 persen dibandingkan periode sebelumnya di masa pandemi 2019.
 
Kepercayaan konsumen global terhadap produk otomotif nasional juga ditunjukkan dengan pencapaian ekspor Indonesia. Merujuk data kinerja ekspor sepanjang Januari - November 2021 dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor kendaraan utuh dari Indonesia mencapai angka 267 ribu unit atau pulih sekitar 87 persen dari periode yang sama di tahun 2019.
 
Sementara itu, ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota dari Indonesia untuk Jan-Nov 2021 mencatatkan angka sebesar 166 ribu unit dengan proyeksi pencapaian tahunan hingga 188 ribu unit. Pencapaian ini memperlihatkan kinerja ekspor merek asal Jepang itu sudah pulih ke level 89 persen dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif