Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard. Antara/Yudhi Mahatma
Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard. Antara/Yudhi Mahatma

Mobil Presiden

Kerennya Mobil-Mobil Kepresidenan dari Soekarno Sampai Jokowi

Otomotif mobil presiden
Ekawan Raharja • 12 Agustus 2020 14:13
Jakarta: Mobil kepresiden sangat penting untuk menunjang mobilitas presiden dalam berbagai kegiatannya. Di Indonesia, sudah banyak mobil kepresidenan yang digunakan dan berganti-ganti merek.
 
Medcom.id mencoba merangkum sejumlah mobil-mobil kepresidenan dari zaman Soekarno sampai Joko Widodo. Kira-kira ada mobil kesukaan Anda?

1. Soekarno

Kerennya Mobil-Mobil Kepresidenan dari Soekarno Sampai Jokowi
Buick-8 di Museum Gedung Joang 45. Go-jek
 
Mobil kepresidenan pertama di Indonesia jatuh kepada Buick-8 yang digunakan medio 1945-1949. Uniknya, mobil ini tidak dibeli oleh pemerintah tetapi mobil hasil penemuan di salah satu gedung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Barisan Banteng, Sudiro, pada 1945 menemukan mobil ini terparkir di kantor Departemen Perhubungan Masa Penduduk Jepang, yang saat ini disebut kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Waktu ditemukan, mobil ini berumur enam tahun dan menjadi mobil terbagus di zamannya. Akhirnya Sudiro meminta kepada sopir Buick-8 untuk pulang ke kampung halaman dan menyerahkan mobil ini kepada Presiden Soekarno.
 
Selain itu, ada juga Chrysler Imperial yang menjadi mobil kepresidenan. Mobil ini merupakan hadiah dari Raja Arab Saudi dan salah satu yang bersejarah. Waktu itu, mobil ini bersama dengan Soekarno pernah menjadi sasaran bom granat di Cikini, Jakarta, pada 1957.
 
Selain kedua mobil ini, Soekarno juga pernah menaiki Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, dan Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio). Sebagian mobil ini masih bisa ditemukan di Museum Gedung Joang 45 Menteng dan kondisinya cukup terawat.

2. Soeharto

Kerennya Mobil-Mobil Kepresidenan dari Soekarno Sampai Jokowi
Mercedes-Benz 500 SEL Limousine. Pinterest/Farooq
 
Presiden Kedua Indonesia ini menggunakan beberapa merek kendaraan sebagai mobil kepresidenan. Mulai dari cadillac Fleetwood 75 Limousine, Mercedes-Benz S Class, dan Mercedes-Benz G Class.
 
Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes-Benz 500SEL yang spesifikasinya sama dengan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris, Elizabeth II. Mobil ini memiliki kemampuan kaca anti peluru, body tahan ledakan, sampai bam khusus seperti pesanan Presiden Rusia Boris Yeltsin
 
Bahkan di mobil ini, Soeharto mengubah pelat nomor mobil kepresidenan B1 menjadi RI-1. Sejak itu hingga sekarang mobil kepresidenan identik dengan nomor RI-1.
 
Kemudian di masa-masa akhir jabatannya, Soeharto mulai menggunakan G-Class di berbagai aktivitasnya. Sekaran mobil ini masih di lingkungan kepresidenan dan digunakan sebagai kendaraan operasional Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

3. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri

Kerennya Mobil-Mobil Kepresidenan dari Soekarno Sampai Jokowi
 
Mercedes-Benz S-600 produksi 1994. Mercedes-Benz
 
Ketiga presiden ini masih menggunakan mobil yang sama dengan yang digunakan oleh Soeharto, Mercedes-Benz S-600. Ketiganya tidak mengadakan mobil baru karena kondisi saat itu sedang sulit dan umur jabatan ketiga tidaklah panjang.
 
Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie (1998-1999), kemudian Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (1999-2001), Megawati Soekarno Putri (2001-2004). S-Class ini memang cukup andal karena spesifikasinya sesuai dengan mobil-mobil kepresidenan lainnya.
 
Namun selama menjabat, baik Gus Dur dan Megawati memiliki sejumlah keunikan ketika berpergian. Gus Dur suka menggunakan mobil dengan pelat nomor 1926 AW yang merujuk kepada kelahiran Nahdlatul Ulama dan AW yang merupakan singkatan namanya, sedangkan Megawati suka berkendara dengan Lexus dan menggunakan pelat nomor B 1 PDI.

4. Susilo Bambang Yudhoyono

Kerennya Mobil-Mobil Kepresidenan dari Soekarno Sampai Jokowi
Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard.Antara/Yudhi Mahatma
 
Di awal-awal masa jabatannya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), masih menggunakan mobil S-Class yang sama dengan para pendahulunya sejak 1995. Kemudian di 2007, dia pun melakukan peremajaan mobil dengan menggunakan S-600 Pullman Guard.
 
Spesifikasi mobil ini sama dengan pendahulunya, mampu menahan tembakan dari senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom. Bagian body dan kaca anti peluru.
 
Bannya sudah dilengkapi fitur khusus yang masih bisa digunakan sejauh 60 kilometer meski dalam kondisi kempes. Selain itu ada juga sistem pemadam kebakaran yang mampu mengunci titik penyebaran api serta panic alarm system untuk memberitahu saat ada ancaman.

5. Joko Widodo

Kerennya Mobil-Mobil Kepresidenan dari Soekarno Sampai Jokowi
Mercedes-Benz S-600 Guard. Mercedes-Benz
 
Di awal-awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dia masih menggunakan mobil warisan SBY. Namun akibat sering mogok, pemerintah akhirnya mengganti mobilnya dengan Mercedes-Benz S600 Guard pada akhir 2019.
 
Sebagai mobil presiden tentu memiliki spesifikasi berbeda dari kendaraan yang diproduksi massal. Sebab, mobil yang ditumpangi Jokowi ini berlapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7, yang dapat menahan tiga tembakan senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperti M16, dan 357 Magnum. Selain itu, juga memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari ledakan. Adopsi perlindungan ini menggunakan VR9.
 
(UDA)
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif