Ilustrasi uji emisi kendaraan. Auto2000
Ilustrasi uji emisi kendaraan. Auto2000

Emisi Kendaraan

Ternyata Ini Manfaat Uji Emisi Gas Buang Kendaraan

Ekawan Raharja • 29 Maret 2022 16:00
Jakarta: Uji emisi adalah proses pengujian kandungan gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan saat mesin menyala. Tujuan uji emisi diantaranya adalah untuk mengukur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan.
 
Manfaat dari uji emisi adalah untuk mengukur sejauh mana efektivitas proses pembakaran yang dihasilkan oleh mesin mobil. Hasil pengukuran meliputi kandungan gas Carbondioksida (CO2), Hydrocarbon (HC), Carbon Monoxide (CO), dan gas sisa pembakaran lainnya.
 
Manfaat berikutnya adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi setelan mesin mobil. Uji emisi bisa mengetahui apakah kandungan udara dan bahan bakar yang dimanfaatkan sudah sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin agar dapat bekerja optimal.  
 
Manfaat selanjutnya adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja mesin, apakah berada dalam performa terbaik atau sebaliknya. Dengan mengetahui kinerja terbaik mesin, akan didapatkan efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi dan menguntungkan konsumen sebagai manfaat keempat.
 
Manfaat terakhir, uji emisi gas buang merupakan deteksi dini apabila kandungan gas buang yang dihasilkan melebihi ambang batas yang ditetapkan sebagai indikator ada komponen mesin yang bermasalah dan harus diperiksa. Bahkan jika tidak memungkinkan harus diganti baru.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif