Ilustrasi. Nissan
Ilustrasi. Nissan

Tips Otomotif

Mau Punya Mobil Listrik? Segini Listrik yang Dibutuhkan Di Rumah

Otomotif teknologi otomotif mobil listrik nissan tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 19 Agustus 2021 12:00
Jakarta: Sejumlah merek otomotif sekarang ini sudah menawarkan beragam mobil listrik untuk dimiliki oleh konsumen di Tanah Air. Meski memiliki teknologi yang canggih dan ramah lingkungan, konsumen sebaiknya memperhatikan aspek kepemilikannya sebelum membeli mobil listrik.
 
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah soal pengisian daya listrik. Pastikan Anda memiliki akses ke stasiun pengisian listrik umum (SPLU) atau tersedia listrik yang memadai untuk pengecasan di rumah.
 
Lantas bagaimana spesifikasi kelistrikan di rumah bila ingin memasang charger di rumah? Nissan Representative Director, Bagus Susanto, membeberkan sejumlah teknologi pencatu daya (charger) dan spesifikasi yang bisa digunakan oleh pemilik mobil.
 
Mau Punya Mobil Listrik? Segini Listrik yang Dibutuhkan Di Rumah
 
Bagus mengambil contoh dengan Nissan Leaf, di mana mobil ini menawarkan 3 metode pengecasan yang bisa digunakan oleh konsumen. 2 diantaranya metode tersebut bisa digunakan di rumah dan memerlukan spesifikasi tertentu. Dia menyebutkan konsumen bisa memanfaatkan portable charger atau wallbox (home charging). 
 
"Standar charging (portable charging) membutuhkan 3,3 kW dan membutuhkan waktu 12-15 jam untuk pengisian baterai sampai penuh. Charger ini bisa digunakan ketika berpergian dan digunakan apabila ada akses listrik," cerita Bagus Rabu (19/8/2021) melalui jumpa pers virtual.
 
Halaman Selanjutnya
  "Home charging ini bisa…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif