Mekanik bengkel resmi Toyota. Auto2000
Mekanik bengkel resmi Toyota. Auto2000

Toyota Ingatkan Konsumennya Penuhi Recall Airbag, Mobil Kamu Termasuk?

Ekawan Raharja • 14 Agustus 2025 19:49
Jakarta: PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengingatkan konsumen yang memiliki Alphard, NAV1, Camry, Corolla, Vios, dan Yaris tahun produksi 2001–2016 untuk melakukan pengecekan airbag inflator di bengkel resmi.
 
Program ini merupakan bagian dari kampanye yang telah dijalankan sejak 2015 demi memastikan keselamatan berkendara di jalan.
 
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan ini sejalan dengan value Customer First dari mereka. Ia menegaskan bahwa ini jadi bentuk perhatian dan tanggung jawab kepada semua produk yang dipasarkan. Termasuk tahun produksi lama.

"Mengingat ada kemungkinan bahaya jika dibiarkan, kami mengajak para pemilik Alphard, NAV1, Camry, Corolla, Vios, dan Yaris tahun produksi 2001–2016 yang belum melakukan inspeksi airbag inflator, supaya datang ke bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia," ujar Henry Tanoto.
 
Baca Juga:
Unik, Mobil Listrik BYD Disambar Petir Tiga Kali & Pemiliknya Selamat

 
Ia menegaskan bahwa selanjutnya, tim mereka akan memeriksa dan mengganti airbag inflator untuk memastikan komponen ini sesuai spesifikasi teknis yang disyaratkan.
 
Langkah ini merupakan tindak lanjut dari adanya laporan di beberapa negara lain terkait pengembangan airbag pada sisi penumpang depan yang disertai serpihan logam.
 
Perusahaan ingin memastikan potensi tersebut tidak terjadi pada kendaraan yang telah dipasarkan di Indonesia. Meski begitu, tidak semua kendaraan dalam rentang produksi tersebut terlibat, hanya VIN tertentu saja.
 
Proses pemeriksaan dan/atau penggantian airbag inflator akan dilakukan oleh teknisi bersertifikat global. Waktu pengerjaan diperkirakan 1–3,5 jam tergantung model kendaraan, dan seluruh layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis.
 
Baca Juga:
Adnoc Voyager Ramaikan Persaingan Pelumas Premium di Indonesia

 
Pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu agar dealer dapat mempersiapkan stall dan teknisi sehingga mengurangi waktu tunggu.
 
Untuk mengetahui apakah kendaraan masuk program ini, pemilik bisa mengunjungi laman resmi, menghubungi Toyota Customer Care 24 jam, atau melalui Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) dengan menyiapkan nomor rangka mobil.
 
“Progam ini merupakan salah satu upaya untuk selalu memastikan kendaraan customer berada pada standar keselamatan yang tinggi di jalan. Kami menghimbau pelanggan untuk melakukan pengecekan airbag inflator beberapa mobil di workshop resmi terdekat. Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab atas kualitas produk yang dipasarkan dan memberikan peace of mind kepada semua pelanggan. Oleh sebab itu, kami tidak memungut biaya apapun dari pemilik mobil terkait service ini,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan