Jakarta - Komponen utama di mobil balap seperti sayap atau yang biasa disebut dengan wing, tak hanya di bagian belakang saja. Antara sayap depan dan belakang pada mobil tentu juga memiliki fungsi yang berbeda.
Sayap depan (front wing) berfungsi untuk mengatur aliran udara dari depan mobil, mengurangi hambatan dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Sebagai pengatur aliran udara yang masuk ke bawah mobil, fungsinya bisa mengurangi turbulensi dan meningkatkan stabilitas.
Dengan adanya pengurangan hambatan udara, sayap depan membantu mobil untuk bergerak lebih efisien, terutama pada kecepatan tinggi. Komponen ini juga dapat membantu menghasilkan gaya tekan ke bawah (downforce) yang meningkatkan grip pada ban depan.
Sementara sayap belakang (rear wing) memberikan tekanan ke bawah pada mobil. Juga meningkatkan stabilitas dan membuat mobil lebih aerodinamis pada kecepatan tinggi. Lantaran dirancang untuk menghasilkan gaya tekan ke bawah, sudah pasti membantu meningkatkan grip pada ban belakang.
Terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Dengan menambah downforce, tentu mobil lebih stabil dan tidak terangkat di kecepatan tinggi. Mengingat gaya angkat yang terjadi saat mobil bergerak cepat, memungkinkan mobil menjadi tidak terkontrol.
Secara posisi juga sudah pasti beda. Sayap depan terletak di bagian depan mobil, sedangkan sayap belakang terletak di bagian belakang, biasanya di atas pintu bagasi atau di atas kaca belakang.
Jakarta - Komponen utama di
mobil balap seperti
sayap atau yang biasa disebut dengan wing, tak hanya di bagian belakang saja. Antara sayap depan dan belakang pada mobil tentu juga memiliki fungsi yang berbeda.
Sayap depan (front wing) berfungsi untuk mengatur aliran udara dari depan mobil, mengurangi hambatan dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Sebagai pengatur aliran udara yang masuk ke bawah mobil, fungsinya bisa mengurangi turbulensi dan meningkatkan stabilitas.
Dengan adanya pengurangan hambatan udara, sayap depan membantu mobil untuk bergerak lebih efisien, terutama pada kecepatan tinggi. Komponen ini juga dapat membantu menghasilkan gaya tekan ke bawah (downforce) yang meningkatkan grip pada ban depan.
Sementara sayap belakang (rear wing) memberikan tekanan ke bawah pada mobil. Juga meningkatkan stabilitas dan membuat mobil lebih aerodinamis pada kecepatan tinggi. Lantaran dirancang untuk menghasilkan gaya tekan ke bawah, sudah pasti membantu meningkatkan grip pada ban belakang.
Terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Dengan menambah downforce, tentu mobil lebih stabil dan tidak terangkat di kecepatan tinggi. Mengingat gaya angkat yang terjadi saat mobil bergerak cepat, memungkinkan mobil menjadi tidak terkontrol.
Secara posisi juga sudah pasti beda. Sayap depan terletak di bagian depan mobil, sedangkan sayap belakang terletak di bagian belakang, biasanya di atas pintu bagasi atau di atas kaca belakang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)