Sayap depan (front wing) berfungsi untuk mengatur aliran udara dari depan mobil, mengurangi hambatan dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Sebagai pengatur aliran udara yang masuk ke bawah mobil, fungsinya bisa mengurangi turbulensi dan meningkatkan stabilitas.
Dengan adanya pengurangan hambatan udara, sayap depan membantu mobil untuk bergerak lebih efisien, terutama pada kecepatan tinggi. Komponen ini juga dapat membantu menghasilkan gaya tekan ke bawah (downforce) yang meningkatkan grip pada ban depan.
Sementara sayap belakang (rear wing) memberikan tekanan ke bawah pada mobil. Juga meningkatkan stabilitas dan membuat mobil lebih aerodinamis pada kecepatan tinggi. Lantaran dirancang untuk menghasilkan gaya tekan ke bawah, sudah pasti membantu meningkatkan grip pada ban belakang.
Baca Juga: Mau Pakai Ban Ukuran Lebar? Pikir-Pikir Dulu Deh Efeknya! |
Terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Dengan menambah downforce, tentu mobil lebih stabil dan tidak terangkat di kecepatan tinggi. Mengingat gaya angkat yang terjadi saat mobil bergerak cepat, memungkinkan mobil menjadi tidak terkontrol.
Secara posisi juga sudah pasti beda. Sayap depan terletak di bagian depan mobil, sedangkan sayap belakang terletak di bagian belakang, biasanya di atas pintu bagasi atau di atas kaca belakang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id