Leipzig: Pencapaian penting diraih Porsche dengan diproduksinya unit Macan yang ke-satu juta di pabrik mereka di Leipzig Jerman. SUV kompak yang mulai dirakit di kota tersebut sejak 2013 ini terus menunjukkan performa penjualan yang kuat dengan 82.795 unit dikirimkan ke pelanggan sepanjang tahun fiskal 2024.
“Macan tidak terpisahkan dari Leipzig,” ujar Chairman of the Management Board Porsche Leipzig GmbH, Gerd Rupp, melalui keterangan resminya. “Model ini mencerminkan pertumbuhan dan transformasi seperti tidak ada yang lain. Macan menjadi simbol ekspansi fasilitas ini menjadi pabrik penuh antara tahun 2011 hingga 2013, sekaligus menjadi langkah awal menuju era elektromobilitas.”
Keputusan untuk menjadikan Leipzig sebagai basis produksi Macan diambil pada 2011, yang kemudian ditindaklanjuti dengan perluasan besar-besaran fasilitas produksi menjadi pabrik penuh, lengkap dengan workshop bodi dan fasilitas pengecatan. Langkah strategis ini menciptakan 1.500 lapangan kerja baru di wilayah tersebut.
“Selama 12 tahun terakhir, Porsche melalui Macan telah berkembang menjadi salah satu penggerak ekonomi dan pemberi lapangan kerja terpenting di kawasan Jerman Tengah,” lanjut Rupp.
Tahun ini, jenama asal Jerman itu juga telah memulai produksi massal generasi kedua Macan yang mengusung sistem penggerak listrik sepenuhnya. Fasilitas di Leipzig terus diperluas dengan pembangunan workshop bodi tambahan serta fasilitas produksi gardan. Saat ini, pabrik tersebut mampu memproduksi kendaraan dengan tiga sistem penggerak berbeda—mesin pembakaran, hybrid, dan listrik—pada satu jalur produksi yang fleksibel.
Macan ke-satu juta: Macan 4 warna Frozen Blue Metallic
Unit Macan ke-satu juta yang dirayakan merupakan Macan 4 berwarna Frozen Blue Metallic. Mobil ini memiliki interior kulit dua warna Black dan Chalk, dilengkapi Adaptive Sports Seats, kemudi GT Sports berlapis kulit dengan pemanas, head-up display berteknologi augmented reality, serta atap panoramik.
Dengan tenaga overboost hingga 300 kW (408 hp), Macan 4 mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,2 detik dan mencapai kecepatan maksimal 220 km/jam.
Baterai tegangan tinggi dengan kapasitas energi bruto 100 kWh memungkinkan jarak tempuh hingga 612 kilometer. Pengisian cepat di stasiun DC 800 volt memungkinkan pengisian dari 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu sekitar 21 menit.
Mobil perayaan ini secara resmi diserahkan kepada pemiliknya, Stefan Schmidt dari Kiel, Jerman, di Porsche Experience Center Leipzig.
“Saya merasa Macan sangat menarik karena mampu menggabungkan karakter sporty dengan kepraktisan sehari-hari,” ujar pengusaha berusia 62 tahun tersebut. Selain menerima unit mobil, Schmidt juga mengikuti sesi test drive di sirkuit internal Porsche.
“Mengambil mobil langsung dari pabrik di Leipzig dan merasakan lintasan yang desain tikungannya terinspirasi dari berbagai sirkuit ternama dunia benar-benar menjadi pengalaman luar biasa. Hari ini saya benar-benar merasakan semangat brand Porsche secara langsung,” kata Schmidt.
Leipzig: Pencapaian penting diraih
Porsche dengan diproduksinya unit Macan yang ke-satu juta di pabrik mereka di Leipzig Jerman.
SUV kompak yang mulai dirakit di kota tersebut sejak 2013 ini terus menunjukkan performa penjualan yang kuat dengan 82.795 unit dikirimkan ke pelanggan sepanjang tahun fiskal 2024.
“Macan tidak terpisahkan dari Leipzig,” ujar Chairman of the Management Board Porsche Leipzig GmbH, Gerd Rupp, melalui keterangan resminya. “Model ini mencerminkan pertumbuhan dan transformasi seperti tidak ada yang lain. Macan menjadi simbol ekspansi fasilitas ini menjadi pabrik penuh antara tahun 2011 hingga 2013, sekaligus menjadi langkah awal menuju era elektromobilitas.”
Keputusan untuk menjadikan Leipzig sebagai basis produksi Macan diambil pada 2011, yang kemudian ditindaklanjuti dengan perluasan besar-besaran fasilitas produksi menjadi pabrik penuh, lengkap dengan workshop bodi dan fasilitas pengecatan. Langkah strategis ini menciptakan 1.500 lapangan kerja baru di wilayah tersebut.
“Selama 12 tahun terakhir, Porsche melalui Macan telah berkembang menjadi salah satu penggerak ekonomi dan pemberi lapangan kerja terpenting di kawasan Jerman Tengah,” lanjut Rupp.
Tahun ini, jenama asal Jerman itu juga telah memulai produksi massal generasi kedua Macan yang mengusung sistem penggerak listrik sepenuhnya. Fasilitas di Leipzig terus diperluas dengan pembangunan workshop bodi tambahan serta fasilitas produksi gardan. Saat ini, pabrik tersebut mampu memproduksi kendaraan dengan tiga sistem penggerak berbeda—mesin pembakaran, hybrid, dan listrik—pada satu jalur produksi yang fleksibel.
Macan ke-satu juta: Macan 4 warna Frozen Blue Metallic
Unit Macan ke-satu juta yang dirayakan merupakan Macan 4 berwarna Frozen Blue Metallic. Mobil ini memiliki interior kulit dua warna Black dan Chalk, dilengkapi Adaptive Sports Seats, kemudi GT Sports berlapis kulit dengan pemanas, head-up display berteknologi augmented reality, serta atap panoramik.
Dengan tenaga overboost hingga 300 kW (408 hp), Macan 4 mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,2 detik dan mencapai kecepatan maksimal 220 km/jam.
Baterai tegangan tinggi dengan kapasitas energi bruto 100 kWh memungkinkan jarak tempuh hingga 612 kilometer. Pengisian cepat di stasiun DC 800 volt memungkinkan pengisian dari 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu sekitar 21 menit.
Mobil perayaan ini secara resmi diserahkan kepada pemiliknya, Stefan Schmidt dari Kiel, Jerman, di Porsche Experience Center Leipzig.
“Saya merasa Macan sangat menarik karena mampu menggabungkan karakter sporty dengan kepraktisan sehari-hari,” ujar pengusaha berusia 62 tahun tersebut. Selain menerima unit mobil, Schmidt juga mengikuti sesi test drive di sirkuit internal Porsche.
“Mengambil mobil langsung dari pabrik di Leipzig dan merasakan lintasan yang desain tikungannya terinspirasi dari berbagai sirkuit ternama dunia benar-benar menjadi pengalaman luar biasa. Hari ini saya benar-benar merasakan semangat brand Porsche secara langsung,” kata Schmidt.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)