Ilustrasi charger kendaraan listrik. Mitsubishi
Ilustrasi charger kendaraan listrik. Mitsubishi

Mobil listrik

Mau Beli Mobil Listrik? Cek Dulu Jenis Colokannya

Otomotif industri otomotif mobil listrik
Ekawan Raharja • 01 Juli 2021 09:00
Jakarta: Memasuki tahun 2021 semakin banyak mobil listrik yang ditawarkan di Indonesia, mulai dari hybrid, plug-in hybrid, sampai full listrik. Nah bagi Anda yang ingin membeli mobil plug-in hybrid dan full listrik harus memperhatikan soal charger.
 
Mobil-mobil listrik yang ditawarkan di Indonesia, khususnya yang menggunakan sistem charger, ada sejumlah jenis colokan/soket yang digunakan. Ada dua arus listrik yang ada yakni AC dan DC. Perbedaan kedua arus listrik ini juga berpengaruh terhadap model soket untuk pencatu daya yang digunakan.
 
Direktur Teknik dan Lingkungan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Wanhar, menyebutkan ada tiga jenis soket listrik yang akan digunakan di tanah air. Ketiganya adalah 2 AC Charging, DC Charging CHAdeMo, dan DC Charging Combo Type CCS2 yang bakal tersedia di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN.
 
Marketing Manager PT Powerindo Prima Perkasa (Penyedia alat pencatu daya kendaraan listrik), Julian Billy, lebih lanjut menjelaskan arus listrik yang ditawarkan oleh AC dan DC berbeda. Arus AC akan digunakan untuk pengecasan reguler dan arus DC digunakan untuk fast charging.
 
"AC charging untuk pengisian normal ada dua tipenya, mudah mengetahuinya yang satu punya tujuh lubang itu tipe satu dan lainnya lima lubang itu tipe 2," ungkap Julian Billy beberapa waktu lalu.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif