Ilustrasi produksi mobil di Indonesia. Suzuki
Ilustrasi produksi mobil di Indonesia. Suzuki

Industri Otomotif

Menperin Minta Jepang Agar Industri Otomotif Indonesia Jadi Basis Ekspor

Ekawan Raharja • 12 Januari 2022 09:00
Jakarta: Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, melakukan pertemuan dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang, K?ichi Hagiuda, di Jakarta. Pemerintah berusaha meningkatkan hubungan bilateral keduanya, dan berharap Jepang jadikan Indonesia sebagai basis produksi otomotif untuk pasar ekspor.
 
Menurut Agus, Jepang tertarik untuk makin memperkuat kerja sama di sektor industri otomotif. Proyek kerja sama teknis ini akan melibatkan berbagai institusi mitra di Jepang, seperti kerja sama dengan METI.
 
“Kami berharap komitmen Pemerintah Jepang melalui METI untuk menjamin keberlanjutan dan menjaga keselarasan capaian antara proyek tersebut. Selain itu, mendorong peningkatan investasi di sektor industri otomotif untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi tujuan ekspor,” papar Agus.
 
Industri otomotif merupakan salah satu sektor terpenting dan sebagai kontributor utama terhadap PDB. Saat ini terdapat 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun, dengan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang. Total investasi yang telah tertanam mencapai Rp140 triliun, dan memberikan penghidupan kepada 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut.
 
“Kami banyak melakukan komunikasi dengan produsen otomotif di Jepang. Mereka masih tetap berkomitmen untuk investasi di Indonesia, termasuk di bidang kendaraan listrik,” ujar Agus.
 
Halaman Selanjutnya
  Saat ini produk otomotif…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif