Hyundai Stargazer. Hyundai
Hyundai Stargazer. Hyundai

GIIAS 2022

Hyundai Stargazer Gunakan DPFI, Rahasia Biar Irit Bensin?

Ekawan Raharja • 16 Agustus 2022 09:00
BSD City: Urusan konsumsi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan kala membeli sebuah mobil. Oleh sebab itu, Hyundai kemudian menyiapkan teknologi di Stargazer yang diharapkan bisa membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.
 
Salah satu yang harus diperhatikan adalah penggunaan dual port fuel injection (DPFI) yang membuat pembakaran lebih stabil. Teknologi ini disematkan di mesin Smartstream G1.5 Gasoline di mobil keluarga tersebut.
 
Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Bonar Pakpahan,menyebutkan teknologi mengusung sistem injeksi dengan dua port. Cara kerjanya pun dikatakan Bonar cukup unik, karena bisa bekerja dengan sendiri.
 
"Jadi selain fungsinya untuk membuat pembakaran lebih merata di ruang bakar, juga untuk membuat mesin saat idle tetap efisien. Jadi ketika mesin idle port yang bekerja cukup 1 yang menyemprotkan bahan bakar. Ketika berada di momen high RPM, dua port ini akan bekerja sesuai permintaan. Hal kedua yang membuatnya istimewa adalah karena pembakaran lebih sempurna, efek buruk dari kondisi bahan bakar yang kurang bagus, bisa ditekan," klaim Bonar di Gaikindo Indonesia International (GIIAS) 2022.
 
Namun ketika ditanya seberapa efisien mesin ini dibandingkan dengan mesin yang sama di mobil lain namun tak menggunakan teknologi ini, Bonar menjawab bahwa mereka harus melihat data pastinya lagi. Mengingat hal ini cukup esensial dan sangat krusial jika mendasarkan kepada asumsi-asumsi semata.
 
Halaman Selanjutnya
  "Namun yang jelas irit…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif