Logo N Brand. Hyundai
Logo N Brand. Hyundai

Sejarah N Brand Sebagai Divisi High Performance Hyundai

Ekawan Raharja • 25 April 2024 15:51
Jakarta: Sejumlah merek otomotif sudah memiliki divisi high performance yang bertugas melahirkan kendaraan-kendaraan high-performance. Jika Toyota memiliki Gazoo Racing yang juga menangani balap, Mitsubishi bersama Rally Art, BMW dengan M-Technik, Mercedes-Benz dengan Mercedes-AMG, dan Hyundai memiliki N Brand.
 
N Brand lahir dari dua kota yang menjadi sumber inspirasinya. Kota pertama adalah Namyang yakni sebuah distrik penelitian dan pengembangan Hyundai di Korea Selatan yang menjadi pusat penciptaan teknologi dan kendaraan inovatif. Kota berikutnya adalah Nürburgring di mana terdapat sebuah sirkuit terkenal di Jerman yang telah menjadi panggung uji coba bagi performa, penanganan, dan keamanan dari model-model kendaraan dari N Brand.

N Brand Dikembangkan Sejak 2012

Pengembangan N Brand berakar dari tekad kuat perusahaan untuk menciptakan high-performance car yang menjadi gebrakan baru di pasar. Inisiatif ini dimulai pada 2012 ketika Hyundai mengumumkan keterlibatannya kembali dalam WRC (World Rally Championship), seraya memperkenalkan mobil konsep terbaru, yakni i20 WRC di Paris Motor Show pada bulan September. Tiga bulan setelah pengumuman tersebut, resmi dibentuk di Alzenau, Jerman, sebagai strategi untuk mempercepat persiapannya kembali ke WRC.
 
Pada Maret 2013, pabrikan asal Korea Selatan memperkenalkan mobil konsep i20 WRC dengan peningkatan terbaru di ajang Geneva Motor Show. Komitmen untuk menciptakan high-performance car pun semakin dipertegas dengan peresmian Hyundai Motor Technical Center di Nürburgring.
 
Baca Juga:
Babak Baru Perakitan Mobil Listrik Neta di Indonesia


Akhirnya tahun 2013 ditutup dengan memperkenalkan N Logo untuk pertama kalinya, diiringi peluncuran kendaraan untuk WRC 2014 pada bulan Desember.
 
Upaya pengembangan high-performance car memuaskan, terutama dengan kemenangan (Maiden Victory) di Reli Jerman pada 2014. Kala itu, i20 WRC berhasil meraih empat podium dan finish di posisi ke-4 klasemen pabrikan di ajang WRC 2014.
 
Kesuksesan i20 di WRC berlanjut di tahun 2015 dengan kembali merengkuh empat podium dan berhasil bercokol di tiga besar klasemen akhir. Tahun 2015 juga jadi momen bersejarah dengan diperkenalkannya Hyundai High-Performance N Lineup di ajang Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman.
 
Selain memamerkan RM15 Concept Cars, Frankfurt Motor Show juga menjadi panggung untuk memperkenalkan N 2025 Vision Gran Turismo yang saat itu digadang-gadang sebagai teknologi high-performance car dari Hyundai.
 
Baca Juga:
Kawasaki Ninja ZX-25R Di Indonesia Recall, Potensi Rangka Berkarat?

3 Pilar N Brand

Adapun perkembangan N Brand tak terlepas dari konsistensinya dalam mengusung filosofi "N Feeling", sebuah pengalaman berkendara yang unik dan memikat dengan tiga pilar utama, yaitu: 
  1. Corner Rascal: Pilar yang menyoroti kemampuan kendaraan N Brand untuk melesat di tikungan dengan lincah dan responsif. Handling yang tajam dan presisi menjadi inti dari aspek ini, memberikan pengendara sensasi mengemudi yang luar biasa,
  2. Racetrack Capability: Menitikberatkan pada daya tahan dan kinerja kendaraan N Brand yang telah teruji di trek balap. Aspek ini menjamin performa kendaraan tetap konsisten bahkan dalam kondisi berkendara ekstrem, memenuhi standar tinggi di dunia balap,
  3. Everyday Sports Car: Menawarkan kombinasi unik antara kenyamanan sehari-hari dan excitement berkendara mobil sport. N Brand berusaha menciptakan keseimbangan sempurna antara utilitas dan performa, memberikan pengalaman berkendara yang memikat setiap hari.

Dengan ketiga pilar tersebut, N Brand tidak hanya menawarkan high-performance car andal, tetapi juga pengalaman mengemudi yang unik dengan mengutamakan preferensi pengemudi melalui berbagai pengaturan berkendara yang terpersonalisasi.

Teknologi dan Inovasi Khas

Sejak awal pembentukannya, N Brand telah menjelma menjadi simbol high performance dalam industri otomotif. Di samping itu, model ini tampil dengan teknologi canggih dan fitur-fitur terkini yang membedakannya dari high-performance car lainnya.
 
Keunggulan N Brand terletak pada pemanfaatan teknologi suspensi canggih, sistem penggerak yang dioptimalkan untuk performa berkendara, dan penggunaan bahan ringan demi meningkatkan efisiensi dan responsivitas. Tidak lupa, penggunaan teknologi, seperti N Grin Control System untuk pengalaman berkendara dengan berbagai mode, bersama dengan pengembangan sistem knalpot khusus, menjadi ciri khas Hyundai N Brand.
 
Lebih lanjut, setiap aspek desain, mulai dari respon pedal hingga feedback setir, dirancang untuk menghadirkan sensasi berkendara yang dinamis. Seluruh inovasi ini dihadirkan seiring dengan komitmen N Brand dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak hanya efisien tetapi juga menyenangkan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan