Modul baterai kendaraan listrik Ford. Ford
Modul baterai kendaraan listrik Ford. Ford

Industri Otomotif

Ford Ambil Lithium dari Australia Buat Bikin Baterai Mobil Listrik

Ekawan Raharja • 01 Juli 2022 12:00
Canberra: Ford mengamankan bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik hingga 5 tahun ke depan. Merek asal Amerika Serikat tersebut menjalin kerja sama dengan perusahaan baterai asal Australia, Liontown Resources Ltd., sebagai distributor bahan baku.
 
Anak usaha Liontown yang ada di Australia Barat, Kathleen Valley, akan memasok konsentrat lithium spodumene kepada perusahaan induknya dan kemudian diteruskan kepada Ford. Tidak tanggung-tanggung, material yang dipasok akan mencapai 150 ribu metrik ton. Pada penambang di Australia Barat akan memasok 75.000 metrik ton kering (DMT) pada tahun 2024, kemudian ditingkatkan menjadi 150.000 DMT pada tahun ketiga.
 
Untuk mensukseskan rencana tersebut Ford dikabarkan telah menyuntikan dana pada Liontown sebesar USD207,21 juta. Mengutip dari Reuters dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mengembangkan lebih lanjut proyek Kathleen Valley.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kolaborasi ini dilakukan keduanya dengan tujuan untuk mendorong rencana dekarbonisasi serta target nol emisi yang dicanangkan pemerintah Amerika Serikat. Tak hanya itu saja, pasokan ini dapat mempercepat pemenuhan permintaan produksi kendaraan kendaraan listrik merek asal Amerika Serikat itu.
 
Uniknya, Liantown tidak hanya memasok bahan baku baterai kepada Ford saja. Sebelumnya, mereka juga sudah menandatangani kesepakatan dengan LG Energy Solution Korea Selatan dan pembuat Tesla.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif