Ilustrasi jalan tol layang Jakarta-Cikampek. Jasa Marga
Ilustrasi jalan tol layang Jakarta-Cikampek. Jasa Marga

Lalu Lintas

Nusantara Hanya untuk Kendaraan Ramah Lingkungan

Ekawan Raharja • 12 Maret 2022 18:04
Jakarta: Pemerintah kini tengah berupaya membangun ibu kota negara (IKN) baru yakni Nusantara. Nantinya untuk mobilitas di sana juga hanya menggunakan kendaraan ramah lingkungan atau kendaraan listrik.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, menjelaskan jalanan di IKN dilewati oleh kendaraan ramah lingkungan. Bahkan kendaraan-kendaraan yang di sana akan didukung oleh teknologi otonom.
 
"Jadi untuk IKN itu, seperti arahan pak presiden (Joko Widodo) dan Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), semua mobilitas itu basisnya itu green mobility. Kemudian kota pintar dan pergerakan kantor ke kantor lain itu hirarkinya itu angkutan umum tertinggi untuk meminilisir kendaraan pribadi. Dan kemudian kita melakukan kajian, kemungkinan mayoritas kendaraan di sana otonom," ungkap Budi Setiyadi di acara Jakarta Auto Week, JCC, Sabtu (12-3-2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Regulasi tentang kendaraan autonoumous juga nantinya akan dibahas lebih lanjut, guna keberhasilan kendaraan-kendaraan itu berjalan dengan baik di IKN nantinya.
 
"Karena kendaraan itu kan tidak menggunakan driver, jadi itu semua harus disiapkan regulasinya dengan matang," jelas dia.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif