Tangerang: Subaru menjadi salah satu merek di Indonesia yang melengkapi mobilnya dengan kemampuan offroad berkat sistem Symmetrical All-Wheel Drive. Sistem penggerak ini kemudian didukung pula dengan fitur X-Mode untuk mendukung pengemudinya kala melewati jalur offroad.
X-Mode adalah fitur dengan orientasi offroad yang terintegrasi dengan Symmetrical All Wheel Drive (S-AWD) di mobil-mobil Subaru. Dirancang untuk menangani medan berat, fitur X-Mode punya 2 pilihan mode yakni Snow-Dirt dan Deep Snow-Mud.
CEO Subaru Indonesia, Arie Christopher, menjelaskan fitur X-Mode ini sudah tersedia di model Forester, Crosstrek, dan Outback. “Kami yakin core technology seperti Symmetrical All Wheel Drive dan X-Mode membuat kendaraan yang sangat menyenangkan untuk dikendarai di semua medan."
Rally Driver & Offroader, Julian Johan, menjelaskan fitur X-Mode yang dibekali ini bertujuan menjaga keselamatan dan memberikan traksi serta kontrol yang lebih baik. Ada 5 hal yang dikontrol oleh X-Mode kala aktif di jalur offroad:
Respons Throttle Mesin. Saat terjebak di es, salju, atau lumpur, kita cenderung menekan gas lebih kuat. Namun, ini bisa memberikan torsi berlebihan dan menyebabkan roda berputar cepat tanpa traksi. Dengan X-MODE, mesin akan memberikan torsi secara bertahap meski gas ditekan penuh, hingga roda mendapatkan traksi yang cukup.
Transmisi. Di tanjakan curam atau medan sulit seperti pasir, X-MODE memaksa transmisi tetap di gigi rendah untuk memaksimalkan daya. Ini mirip dengan prinsip pada kendaraan 4WD manual saat off-road, tetapi X-MODE melakukannya secara otomatis dengan menekan satu tombol.
Sistem AWD. X-MODE meningkatkan sistem AWD dengan meningkatkan kekuatan penghubung depan/belakang, membagi daya lebih merata antara ban depan dan belakang, memaksimalkan traksi di saat penting.
Sistem VDC dengan X-MODE. Sistem Kontrol Dinamika Kendaraan (VDC) memberikan kontrol Diferensial Slip Terbatas (LSD) yang lebih baik, dengan pengereman lebih cepat hanya pada roda yang tergelincir.
Hill Descent Control (HDC). HDC adalah fitur berguna dari X-MODE. Saat menuruni bukit curam dengan X-MODE diaktifkan, HDC mengatur gas dan rem otomatis, menjaga Subaru tetap stabil sehingga Anda hanya perlu fokus pada kemudi. HDC hanya berfungsi di bawah 19 km/jam.
"Bersama Crosstrek, tidak hanya mengejar jalur; tetapi kami menaklukkan dan melangkah lebih jauh melalui berbagai superioritas teknologi Symmetrical All-Wheel Drive, X-Mode, dan core technology lainnya. Saya yakin bersama kita dapat menginspirasi semua orang menikmati outdoor activity," ujar pria yang sudah memiliki Crosstrek tersebut.
Tangerang: Subaru menjadi salah satu merek di Indonesia yang melengkapi
mobilnya dengan kemampuan
offroad berkat sistem Symmetrical All-Wheel Drive. Sistem penggerak ini kemudian didukung pula dengan fitur X-Mode untuk mendukung pengemudinya kala melewati jalur offroad.
X-Mode adalah fitur dengan orientasi offroad yang terintegrasi dengan Symmetrical All Wheel Drive (S-AWD) di mobil-mobil Subaru. Dirancang untuk menangani medan berat, fitur X-Mode punya 2 pilihan mode yakni Snow-Dirt dan Deep Snow-Mud.
CEO Subaru Indonesia, Arie Christopher, menjelaskan fitur X-Mode ini sudah tersedia di model Forester, Crosstrek, dan Outback. “Kami yakin core technology seperti Symmetrical All Wheel Drive dan X-Mode membuat kendaraan yang sangat menyenangkan untuk dikendarai di semua medan."
Rally Driver & Offroader, Julian Johan, menjelaskan fitur X-Mode yang dibekali ini bertujuan menjaga keselamatan dan memberikan traksi serta kontrol yang lebih baik. Ada 5 hal yang dikontrol oleh X-Mode kala aktif di jalur offroad:
- Respons Throttle Mesin. Saat terjebak di es, salju, atau lumpur, kita cenderung menekan gas lebih kuat. Namun, ini bisa memberikan torsi berlebihan dan menyebabkan roda berputar cepat tanpa traksi. Dengan X-MODE, mesin akan memberikan torsi secara bertahap meski gas ditekan penuh, hingga roda mendapatkan traksi yang cukup.
- Transmisi. Di tanjakan curam atau medan sulit seperti pasir, X-MODE memaksa transmisi tetap di gigi rendah untuk memaksimalkan daya. Ini mirip dengan prinsip pada kendaraan 4WD manual saat off-road, tetapi X-MODE melakukannya secara otomatis dengan menekan satu tombol.
- Sistem AWD. X-MODE meningkatkan sistem AWD dengan meningkatkan kekuatan penghubung depan/belakang, membagi daya lebih merata antara ban depan dan belakang, memaksimalkan traksi di saat penting.
- Sistem VDC dengan X-MODE. Sistem Kontrol Dinamika Kendaraan (VDC) memberikan kontrol Diferensial Slip Terbatas (LSD) yang lebih baik, dengan pengereman lebih cepat hanya pada roda yang tergelincir.
- Hill Descent Control (HDC). HDC adalah fitur berguna dari X-MODE. Saat menuruni bukit curam dengan X-MODE diaktifkan, HDC mengatur gas dan rem otomatis, menjaga Subaru tetap stabil sehingga Anda hanya perlu fokus pada kemudi. HDC hanya berfungsi di bawah 19 km/jam.
"Bersama Crosstrek, tidak hanya mengejar jalur; tetapi kami menaklukkan dan melangkah lebih jauh melalui berbagai superioritas teknologi Symmetrical All-Wheel Drive, X-Mode, dan core technology lainnya. Saya yakin bersama kita dapat menginspirasi semua orang menikmati outdoor activity," ujar pria yang sudah memiliki Crosstrek tersebut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)