Seruling.
Seruling.

Peraturan Pemerintah

Unik, India Keluarkan Wacana Klakson Mobil Pakai Suara Seruling

Otomotif lalu lintas Seruling
Ekawan Raharja • 15 September 2021 10:00
New Delhi: Tingginya kebisingan di jalan akibat suara klakson mobil membuat pemerintah India harus bersiasat menghadapi polusi suara tersebut. Mereka pun sampai memiliki wacana untuk klakson mobil menggunakan suara seruling.
 
Kementerian transportasi India mengeluarkan ide bahwa suara klakson mobil harus lebih ramah di telinga dan diganti dengan suara seruling.  Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari, menilai cara ini bisa menekan kebisingan yang dihasilkan oleh klakson mobil.
 
"Saya tinggal di lantai 11 di Nagpur. Saya melakukan pranayama (latihan yoga untuk pernapasan) selama satu jam setiap pagi. Namun, klakson mengganggu kesunyian pagi. Setelah masalah ini, pikiran muncul di benak saya bahwa klakson kendaraan harus digunakan dengan benar," kata Gadkari seperti dikutip Cartoq.
 
Bahkan dia memiliki ide bahwa suara klakson seharusnya menggunakan suara-suara alat musik seperti tabla, perkusi, biola, terompet, hingga seruling. Kemudian agar ide tersebut bisa dijalankan maka diperlukan peraturan baru untuk mengakomodirnya.
 
Di India sebenarnya sudah ada aturan mengenai area tanpa klakson. Sayangnya peraturan tersebut tidak dipatuhi oleh masyarakat di sana.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif