Tokyo: Pengujian dilakukan dengan berbagai cara untuk mengetahui kemampuan serta batas maksimal dari sebuah kendaraan. Legenda Paris Dakar asal Jepang, Hiroshi Masuoka, kemudian menunjukan bagaimana cara dirinya untuk mengetes kemampuan dari sebuah mobil.
Melalui sebuah video berjudul New Xpander Top Class Stability! di Youtube, dia kemudian menunjukan bagaimana melakukan pengetesan sebuah mobil keluarga yakni New Mitsubishi Xpander. Pengetesan ini dilakukan di area khusus dan sudah dilengkapi dengan berbagai rintangan untuk pengetesan.
Setidaknya, 2 kali juara beruntun Paris Dakar (sekarang bernama Dakar Rally) menunjukan 5 cara dia mengetes sebuah mobil:
A. Mengemudi Di Atas Gundukan
Masuoka mengemudikan mobilnya di atas gundukan setinggi 1 meter. Cara ini dilakukan untuk mengetes approach angle yang cukup di bawah bumper depan, ground clearance di bawah body mobil dan departure angle di bawah bumper belakang.
B. Cambering
Di sini, kondisi mobil dikemudikan miring ke samping. Secara teknis ini disebut cambering. Bahkan, dengan satu ban mengambang dari tanah, terlihat rintangan ini bisa menunjukan kekakuan dari struktur body. Bahkan, pada permukaan jalan yang sangat tidak stabil, tiga rodanya dengan kuat mencengkram permukaan.
C. Mogul Driving
Mogul Driving adalah kondisi dimana pengemudi berkendara di atas permukaan yang sangat tidak rata. Ayunan suspensi New Xpander membuat roda banyak bergerak ke atas dan ke bawah, namun mobil tidak terlalu miring ke kedua sisi. Ini membantu penumpang yang tidak biasa berkendara dengan mobil dengan kemungkinan yang lebih kecil untuk mabuk kendaraan
D. Lolos Dari Kondisi Terjebak
Di video tersebut menunjukan bagaimana mobil lolos dari kondisi ban selip. Ban bagian depan kini diposisikan di roller untuk mendemonstrasikan kendaraan dalam kondisi selip.
Mobil ini memiliki sebuah mekanisme meloloskan diri pada waktu mobil terjebak, seperti dalam kondisi gundukan atau lumpur dalam. Menggunakan sebuah sistem pengendalian traksi yang secara elektronis menghentikan selip dengan cara menginjak pedal gas, hingga dapat lolos. Fitur yang dapat diandalkan seperti ini menawarkan manfaat yang besar ketika Anda sedang berada dalam situasi serupa.
E. Mendaki Tanjakan Curam
Selain itu, Masuoka mengemudikan kendaraan bermotor roda empat pada kemiringan yang curam dan ban depan mencengkram kokoh permukaan dan melaju tanpa adanya kondisi ban selip. Pengetesan ini ditujukan untuk mengetes transmisi CVT di mobil ini dan kemampuan mesin sehingga dapat disalurkan ke permukaan jalan, bahkan pada tanjakan dengan kemiringan curam seperti dalam video.
"Mobil menawarkan ground clearance yang sangat cukup sehingga dapat berkendara dengan aman tanpa terlalu khawatir tentang permukaan jalan. New Xpander memiliki body yang solid dengan pengendalian dan dapat merespon dengan cepat ketika perlu menghindari rintangan. Dengan diameter shock absorber belakang yang lebih besar, mobil ini memberikan kenyamanan berkendara dengan suspension stroke yang cukup untuk melaju sangat stabil," pendapat Masuoka terhadap New Xpander di video tersebut.
Tokyo: Pengujian dilakukan dengan berbagai cara untuk mengetahui kemampuan serta batas maksimal dari sebuah kendaraan. Legenda Paris Dakar asal Jepang, Hiroshi Masuoka, kemudian menunjukan bagaimana cara dirinya untuk mengetes kemampuan dari sebuah mobil.
Melalui sebuah video berjudul New Xpander Top Class Stability! di Youtube, dia kemudian menunjukan bagaimana melakukan pengetesan sebuah mobil keluarga yakni New Mitsubishi Xpander. Pengetesan ini dilakukan di area khusus dan sudah dilengkapi dengan berbagai rintangan untuk pengetesan.
Setidaknya, 2 kali juara beruntun Paris Dakar (sekarang bernama Dakar Rally) menunjukan 5 cara dia mengetes sebuah mobil:
A. Mengemudi Di Atas Gundukan
Masuoka mengemudikan mobilnya di atas gundukan setinggi 1 meter. Cara ini dilakukan untuk mengetes approach angle yang cukup di bawah bumper depan, ground clearance di bawah body mobil dan departure angle di bawah bumper belakang.
B. Cambering
Di sini, kondisi mobil dikemudikan miring ke samping. Secara teknis ini disebut cambering. Bahkan, dengan satu ban mengambang dari tanah, terlihat rintangan ini bisa menunjukan kekakuan dari struktur body. Bahkan, pada permukaan jalan yang sangat tidak stabil, tiga rodanya dengan kuat mencengkram permukaan.
Halaman Selanjutnya