Jakarta: Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Mobil bertajuk Indonesia Touring Car Race (ITCR) yang biasanya diselenggarakan di Sirkuit Sentul bakal dipindahkan ke Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pindahnya venue balapan ITCR dikarenakan Sirkuit Sentul sedang dalam proses renovasi.
"Saat ini Sentul Circuit yang direncanakan sebagai tempat penyelenggaraan dalam sedang dalam tahap persiapan renovasi," jelas Wakil Ketua Umum Roda-4 IMI Pusat, Ananda Mikola.
"Kejurnas Balap Mobil tetap harus dijalankan karena para peserta Kejuaraan Nasional Balap Mobil maupun peserta supporting race harus tetap terbina dan terakomodir dalam suatu wadah kejurnas guna menjaga dan meningkatkan prestasi secara berkesinambungan," lanjutnya.
Kelas yang dilombakan
Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 2025 akan mempertandingkan berbagai kelas, seperti ITCR 1.200cc, ITCR 1.500cc dan ITCR 3.600cc.
Berbagai pembalap privateer dan juga tim-tim besar seperti Honda Racing Indonesia, Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), Delta Garage Team, Rizqy Motorsport, Honda Bandung Center, diperkitakan akan kembali ambil bagian, menambah intensitas persaingan.
Dalam menjalankan Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 2025, MGPA bekerja sama dengan Eshark Motorsport. Penyelenggara juga akan menyediakan slot untuk masing-masing kelas Kejurnas yakni 1.200cc, 1.500cc, dan 3.600cc.
Bagian dari Mandalika Festival of Speed
Dalam peraturan IMI, level balapan Kejurnas itu minimal digelar 3 putaran atau seri, namun MGPA dan Eshark Motorsport sepakat akan menjadikan 2 putaran pada setiap ajang Mandalika Festival Of Speed (MFoS) sehingga total akan ada 6 putaran.
Kejurnas ITCR 2025 akan digelar dalam tiga seri utama sebagai bagian dari rangkaian Mandalika Festival of Speed (MFOS), yaitu pada tanggal: 18-20 Juli 2025, 24-26 Oktober 2025, dan 12-14 Desember 2025.
Kompetisi ini akan mempertandingkan tiga kelas utama yakni 1200 cc, 1500 cc, dan 3600 cc Max, dengan regulasi teknis yang sepenuhnya mengacu pada peraturan IMI Pusat.
Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria antusias menghadirkan Indonesia Touring Car Race sebagai bagian dari MFOS 2025. Menurutnya, ini adalah bentuk nyata komitmen MGPA dalam mendukung pertumbuhan industri motorsport di Indonesia.
"Untuk musim 2025, regulasi teknis dan sistem poin masih mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat. Tidak ada perubahan signifikan dari musim sebelumnya, termasuk dalam hal klasemen maupun mekanisme balap. Dengan kata lain, ITCR 2025 tetap mempertahankan standar kompetisi yang ketat dan profesional," terang Priandhi.
Jakarta: Kejuaraan Nasional (Kejurnas)
Balap Mobil bertajuk Indonesia Touring Car Race (ITCR) yang biasanya diselenggarakan di Sirkuit Sentul bakal dipindahkan ke Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pindahnya venue balapan ITCR dikarenakan Sirkuit Sentul sedang dalam proses renovasi.
"Saat ini Sentul Circuit yang direncanakan sebagai tempat penyelenggaraan dalam sedang dalam tahap persiapan renovasi," jelas Wakil Ketua Umum Roda-4 IMI Pusat, Ananda Mikola.
"Kejurnas Balap Mobil tetap harus dijalankan karena para peserta Kejuaraan Nasional Balap Mobil maupun peserta supporting race harus tetap terbina dan terakomodir dalam suatu wadah kejurnas guna menjaga dan meningkatkan prestasi secara berkesinambungan," lanjutnya.
Kelas yang dilombakan
Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 2025 akan mempertandingkan berbagai kelas, seperti ITCR 1.200cc, ITCR 1.500cc dan ITCR 3.600cc.
Berbagai pembalap privateer dan juga tim-tim besar seperti Honda Racing Indonesia, Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), Delta Garage Team, Rizqy Motorsport, Honda Bandung Center, diperkitakan akan kembali ambil bagian, menambah intensitas persaingan.
Dalam menjalankan Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 2025, MGPA bekerja sama dengan Eshark Motorsport. Penyelenggara juga akan menyediakan slot untuk masing-masing kelas Kejurnas yakni 1.200cc, 1.500cc, dan 3.600cc.
Bagian dari Mandalika Festival of Speed
Dalam peraturan IMI, level balapan Kejurnas itu minimal digelar 3 putaran atau seri, namun MGPA dan Eshark Motorsport sepakat akan menjadikan 2 putaran pada setiap ajang Mandalika Festival Of Speed (MFoS) sehingga total akan ada 6 putaran.
Kejurnas ITCR 2025 akan digelar dalam tiga seri utama sebagai bagian dari rangkaian Mandalika Festival of Speed (MFOS), yaitu pada tanggal: 18-20 Juli 2025, 24-26 Oktober 2025, dan 12-14 Desember 2025.
Kompetisi ini akan mempertandingkan tiga kelas utama yakni 1200 cc, 1500 cc, dan 3600 cc Max, dengan regulasi teknis yang sepenuhnya mengacu pada peraturan IMI Pusat.
Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria antusias menghadirkan Indonesia Touring Car Race sebagai bagian dari MFOS 2025. Menurutnya, ini adalah bentuk nyata komitmen MGPA dalam mendukung pertumbuhan industri motorsport di Indonesia.
"Untuk musim 2025, regulasi teknis dan sistem poin masih mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat. Tidak ada perubahan signifikan dari musim sebelumnya, termasuk dalam hal klasemen maupun mekanisme balap. Dengan kata lain, ITCR 2025 tetap mempertahankan standar kompetisi yang ketat dan profesional," terang Priandhi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)