Contoh pelat nomor dasar putih. Instagram/polantasindonesia.
Contoh pelat nomor dasar putih. Instagram/polantasindonesia.

Lalu Lintas

Ternyata Ini Alasan Pelat Nomor Kendaraan Menjadi Putih

Ekawan Raharja • 08 Februari 2022 14:00
Jakarta: Mulai tahun ini, semua kendaraan pribadi di Indonesia secara bertahap berganti warna pelat nomor, dari berwarna dasar hitam menjadi putih. Ternyata perubahan ini memiliki tujuan terkait dengan teknologi lalu lintas yang digunakan.
 
Dir Gakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, menjelaskan perubahan tanda nomor kendaraan bermotor yang semula berwarna hitam menjadi putih sangat penting karena akan menunjang fungsi sistem penangkapan kamera pengawas CCTV ETLE. Dikarenakan sistem teknologi penegakkan hukum tidak dapat dipisahkan dengan data registrasi kendaraan bermotor (Regident).
 
“Antara penegakkan hukum (Gakkum) tidak dapat dipisahkan. Dari hasil capture tadi oleh kamera ini (CCTV ETLE) mau tidak mau harus melihat dari data ranmor yang ada,” ucap Brigjen Aan dikutip dari NTMC Polri.
 
Brigjen Aan menjelaskan, perubahan warna TNKB ini sangat penting. Berdasarkan kajian, perubahan warna mampu meningkatkan akurasi dan memaksimalkan hasil tangkapan kamera dalam proses verifikasi dan konfirmasi ke pelanggar lalu lintas sebagai lanjutan dalam proses pro justitia ke peradilan. Sehingga menjadikan bukti-bukti yang didapat menjadi valid.
 
“Kita sebenarnya sudah lama menunggu ini. Berdasarkan studi banding warna putih itu akan lebih kontras dan lebih bagus ditangkap oleh kamera dibandingkan dengan warna hitam. Juga sangat membantu proses verifikasi yang kita lakukan tidak terlalu lama. Kamera ini membutuhkan pantulan cahaya dari plat nomor yang lebih jelas,” tambah.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif