Ilustrasi ban Bridgestone. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi ban Bridgestone. Medcom.id/Ekawan Raharja

Teknologi Otomotif

Teknologi Enliten Bridgestone Bakal Masuk Indonesia, Cocok Buat Mobil Listrik

Otomotif teknologi otomotif mobil listrik komponen otomotif bridgestone ban mobil Kendaraan Listrik Enliten
Ekawan Raharja • 03 Desember 2021 15:00
Karawang: Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia juga diimbangi dengan penyediaan komponen yang sesuai. Bridgestone bahkan sudah mempersiapkan teknologi ban mobil listrik masuk ke Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.
 
Di pasar global, merek ban asal Jepang ini sudah memperkenalkan pola Turanza Eco yang digunakan mobil listrik Volkswagen ID.3. Ban ini menggunakan teknologi khusus Enliten dengan bahan baku lebih sedikit dari biasanya.
 
"Bridgestone sangat bangga untuk dapat turut serta mempersembahkan performa dan kebaikan untuk lingkungan secara bersamaan melalui teknologi Enliten yang pertama kali dikenalkan melalui kendaraan listrik ID.3 milik Volkswagen," ujar VP Original Equipment at Bridgestone EMIA, Mark Tejedor, dalam keterangan pers pada tahun 2020.
 
Teknologi yang diterapkan ini memiliki hambatan gulir yang sangat rendah hingga 30 persen. Efeknya, Efeknya konsumsi bahan bakar saat menggunakan mesin konvensional bisa lebih hemat.
 
Sedangkan untuk mobil listrik, pengemudi bisa memaksimalkan jarak tempuh dari mobil tersebut. Hal ini dikarenakan teknologi Enliten mampu menghemat daya baterai hingga 20 persen.
 
 
Penggunaan bahan baku yang lebih sedikit berpengaruh terhadap bobot ban yang lebih ringan 2 kilogram, menjadi sebuah keuntungan tambahan dari sisi sumber daya dan lingkungan. Selain itu, keselarasan antara material unik dalam menciptakan teknologi Enliten dan proses pencampuran bahan baku unik dapat meningkatkan performa kompon tanpa mengenyampingkan pentingnya daya cengkram. Kedua hal tersebut dikombinasikan dengan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering
 

Enliten Bakal Diaplikasikan Dalam 2 Tahun Ke Depan

Sales & Marketing Director Bridgestone Indonesia, Bangun Istyaji, menjelaskan siap untuk membawa teknologi ini ke Indonesia. Dia melihat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia sedang terjadi dan ini harus diantisipasi.
 
"Kita akan aplikasikan (Enliten) dalam 2 tahun ke depan. Kita akan masukan ke pola-pola kita, menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Kita akan ada penetrasi ke depan (segmen EV) tetapi tidak secepat di tempat lain karena infrastrukturnya belum lengkap seperti tempat lain, tetapi kita akan perkenalkan Enliten dalam lini kita," ungkap pria yang akrab disapa Aji di Karawang, Jawa Barat pada Rabu (2/12/2021).
 
Hal ini tentu sangat memungkinkan karena rival dari Michelin dan Goodyear tersebut juga memproduksi ban dari fasilitas mereka yang ada di Bekasi dan Karawang. Sejauh ini, kedua pabrik tersebut memproduksi untuk model Potenza, Turanza, Ecopia, Alenza, Dualer, Techno, Duravis, serta trucks & buses tyres.

 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif