Jakarta: Pasar otomotif di Indonesia merupakan salah satu sektor yang terdampak oleh pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal 2019. Tentu untuk melihat bagaimana kondisi penjualan mobil di Indonesia dan merek-merek yang paling laris selama 11 bulan ke belakang (Januari-November 2020).
Berdasarkan data penjualan retail dari Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar otomotif sudah berhasil menyerap 474.910 unit kendaraan. Uniknya, 85,6 persen dari total penjualan ini disokong oleh 5 merek. Lantas siapa saja yang masuk ke dalam 5 merek terlaris di Indonesia?
1. Toyota
Posisi merek paling laris di Indonesia masih dipegang oleh Toyota selama bertahun-tahun. Di penghujung tahun ini saja, mereka sudah berhasil menjual 142.569 unit mobil atau 30 persen dari total pasar.
2. Daihatsu
Daihatsu masih bisa mengikuti jejak saudara besarnya di posisi kedua. Merek yang berafiliasi dengan grup Astra ini berhasil menjual 84.243 unit mobil atau 17.7 persen total pasar di periode Januari-November 2021.
3. Honda
Masih dari Jepang, Honda berhasil mencengkram pasar posisi ketiga dengan bermodalkan hanya meluncurkan 1 mobil baru saja di tahun ini. Mereka berhasil menjual 65.868 unit mobil atau 13,9 persen dari total pasar yang ada sejauh ini.
4. Suzuki
Suzuki tidak ketinggalan juga meramaikan posisi big 5 pasar otomotif Tanah Air dengan berhasil menjual 58.262 unit mobil atau setara 12,3 persen pasar. Hal ini berhasil menasbihkan mereka di posisi keempat sebagai merek terlaris di Indonesia.
5. Mitsubishi
Merek berlogo tiga berlian ini berhasil mengunci big five dengan menjual 50.942 unit mobil. Sumbangsihnya terhadap penjualan mobil di Indonesia mencapai 10,7 persen.
Diprediksi hingga akhir tahun ini, kemungkinan posisi merek ini tidak akan berubah karena jarang dengan merek lain di luar big five cukup jauh. Kira-kira merek mobil favorit Anda masuk ke dalam lima merek terlaris?
Jakarta: Pasar otomotif di Indonesia merupakan salah satu sektor yang terdampak oleh pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal 2019. Tentu untuk melihat bagaimana kondisi penjualan mobil di Indonesia dan merek-merek yang paling laris selama 11 bulan ke belakang (Januari-November 2020).
Berdasarkan data penjualan retail dari Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar otomotif sudah berhasil menyerap 474.910 unit kendaraan. Uniknya, 85,6 persen dari total penjualan ini disokong oleh 5 merek. Lantas siapa saja yang masuk ke dalam 5 merek terlaris di Indonesia?
1. Toyota
Posisi merek paling laris di Indonesia masih dipegang oleh Toyota selama bertahun-tahun. Di penghujung tahun ini saja, mereka sudah berhasil menjual 142.569 unit mobil atau 30 persen dari total pasar.
2. Daihatsu
Daihatsu masih bisa mengikuti jejak saudara besarnya di posisi kedua. Merek yang berafiliasi dengan grup Astra ini berhasil menjual 84.243 unit mobil atau 17.7 persen total pasar di periode Januari-November 2021.
3. Honda
Masih dari Jepang, Honda berhasil mencengkram pasar posisi ketiga dengan bermodalkan hanya meluncurkan 1 mobil baru saja di tahun ini. Mereka berhasil menjual 65.868 unit mobil atau 13,9 persen dari total pasar yang ada sejauh ini.