New Subaru Forester, mesin lebih powerfull meski tanpa bantuan turbo. medcom-uda
New Subaru Forester, mesin lebih powerfull meski tanpa bantuan turbo. medcom-uda

Subaru Forester, Nyaman dan Sanggup di Ragam Jalan Ekstrim!

Ahmad Garuda • 03 September 2025 16:11
Jakarta - Subaru adalah brand kendaraan asal Jepang yang terkenal dengan mesin boxer  (konfigurasi mesin dengan model piston mendatar). Tak heran performanya banyak dipuji karena interior lapang, kenyamanan berkendara, dan kemampuan off-road yang tangguh. 
 
Meski ada kritik mengenai performa mesin yang agak lesu dan transmisi CVT yang kurang responsif lantaran menggunakan mesin 2,5 liter tanpa bantuan komponen turbocharged. Model baru ini menawarkan peningkatan signifikan dalam kenyamanan dan teknologi.
 
Saat medcom.id menjajalnya langsung di beberapa kondisi jalan termasuk offroad ringan, stabilitas dan performanya tak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat memang Subaru sudah meracik mobil ini khusus untuk berjalan di medan ekstrim.

Subaru Forester, Nyaman dan Sanggup di Ragam Jalan Ekstrim!

Performa Mesin

Bicara tentang performa mesin, jika dibandingkan dengan mobil-mobil yang menggunakan komponen turbo, mobil ini terbilang cukup agresif. Meski ada sedikit kelambatan dalam merespon tuas gas, namun ketika sudah menggigit, tidak dipungkiri, muntahan tenaganya sangat baik. 
 
Baca Juga:
Produsen Mobil Eropa Desak Uni Eropa Tunda Larangan Mesin Bensin 2035

 
Dibekali dengan mesin 2,498 NA, dengan konfigurasi 4 silinder DOHC 16 katup, mobil ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 185 PS dan torsi sebesar 247 Newton meter. Meski bermesin besar, namun kalau diajak irit-iritan, mobil ini sanggup mengkonsumsi BBM hingga 10,5 km per liter. 
 
Lantaran dibekali dengan mesin horizontal atau yang biasa disebut dengan mesin boxer, stabilitasnya saat diajak ngebut tak kalah dengan mobil-mobil spek balap. Tak ada gejala limbung dari gaya gravitasi yang dihasilkan. 
 
Mobil ini dibekali dengan sistem penggerak roda AWD atau semua roda berputar. Uniknya semua roda mengalirkan torsi sesuai kebutuhan ban. Sehingga keitka bermanuver kencang di jalan yang kurang rata, tetap efektif dan tidak bikin roda kehilangan momen puntir.
 
Subaru Forester, Nyaman dan Sanggup di Ragam Jalan Ekstrim!
 
Mesin ini dipadukan dengan transmisi Lineartronic CVT dan sistem penggerak Symmetrical All-Wheel Drive (AWD) yang terkenal andal di berbagai medan.
 
Baca Juga:
Kawasaki Z900 Model Year 2026, Waktunya 'Baju Baru'
 

Kenyamanan Kabin dan Fitur

Namanya mobil yang bisa digunakan untuk kebutuhan offroad, sudah pasti syarat utamanya adalah kenyamanan dalam kabin. Di bagian tengah dasbor, terdapat head unit 11.6 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay™ dan Android Auto™, dilengkapi sistem audio Harman Kardon, wireless charger, dan konektivitas nirkabel untuk smartphone. 
 
Power Back Door dengan Kick Sensor memudahkan pembukaan bagasi tanpa menyentuh apapun, cocok ketika pengguna membawa banyak barang. 
 
Teknologi keselamatan menjadi fokus utama pada generasi keenam ini. Sistem EyeSight® generasi terbaru kini dilengkapi kamera stereo, radar, dan Monocular wide-range yang memungkinkan proses visual lebih cepat dan akurat. Fitur-fitur keselamatan aktif yang ditawarkan.
 
Subaru Forester, Nyaman dan Sanggup di Ragam Jalan Ekstrim!
 
Di antaranya meliputi Adaptive Cruise Control, Lane Centering & Lane Departure Prevention, Pre-Collision Braking, Emergency Lane Keep Assist, dan dukungan kamera 360 derajat untuk memberikan pandangan menyeluruh di sekitar kendaraan.
 
Baca Juga:
Dari Vacuum Cleaner ke Hypercar! Dreame Siap Lawan Bugatti

 
Para insinyur di Jepang menambahkan 2 fitur baru yang sangat menonjol pada Forester 2.5i-S EyeSight adalah:
-Driver Monitoring System: Mendeteksi kelelahan atau distraksi pengemudi dari ekspresi wajah dan gerakan mata.
-Emergency Stop Assist: Menghentikan kendaraan secara otomatis bila pengemudi tidak merespons peringatan, sekaligus menyalakan hazard dan membuka kunci pintu untuk memudahkan bantuan dari luar.
-Untuk mendukung perjalanan di medan berat, tersedia fitur X-MODE® dan Hill Descent Control guna menjaga traksi dan stabilitas kendaraan secara otomatis.
 
Dipasarkan dengan banderol Ro735,5 juta, mobil ini menawaran banyak hal yang cukup menarik. Terutama bagi Sobat Medcom yang senang dengan mobil bermesin natural aspirated. Mengingat fitur yang lengkap dan performanya yang mumpuni. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan