Berdasarkan catatan yang diraih di Weathertech Raceway Laguna Seca, California, Amerika Serikat menunjukan Taycan Turbo GT mampu menorehkan waktu 1:27,87 menit.
"Untuk membuktikan keberanian Anda di trek, tidak cukup hanya memiliki kekuatan sebanyak mungkin. Paket keseluruhan akselerasi dan pengereman, cengkeraman menikung, aerodinamika, stabilitas, dan fine-tuning harus benar. Dalam Taycan Turbo GT dan Taycan Turbo GT dengan paket Weissach khususnya, teknisi kami telah mencapai ini dengan cara yang benar-benar menakjubkan. Mereka telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan model Taycan yang baru-baru ini diperbarui," ujar Wakil Presiden Model Line Porsche, Kevin Giek, dikutip dari situs resminya.
Lantas apa saja yang menjadi pembaruan di Taycan Turbo GT Weissach terbaru?
Baca Juga: Spesifikasi Foton eView, Mirip Toyota Hiace tapi Versi EV |
Elektronik Daya Baru Powertrain
Pabrikan asal Jerman ini secara ekstensif meningkatkan lini model Taycan dan umumnya meningkatkan kekuatan sistem keseluruhan mobil. Di antara hal-hal lain, powertrain yang ditingkatkan dengan motor poros belakang baru. Dilengkapi dengan pulse inverter yang lebih kuat, kedua mobil memiliki 580 kW. Dengan Launch Control yang meningkat hingga 760 kW daya overboost atau hingga 815 kW selama dua detik sesuai dengan metode pengukuran daya puncak.Inverter pulse adalah komponen kunci untuk mengendalikan motor listrik. Inverter pulse dengan arus maksimum 900 ampere digunakan pada gandar belakang. Ini memberikan lebih banyak tenaga dan torsi daripada inverter pulsa 600-ampere di Taycan Turbo S.
Untuk efisiensi yang lebih baik, silikon karbida juga digunakan sebagai bahan semikonduktor dalam inverter pulsa. Ini secara signifikan mengurangi kerugian switching di Power Inverter dan memungkinkan frekuensi switching yang lebih tinggi.
Rasio transmisi dan ketahanan gearbox juga telah ditingkatkan, memungkinkan angka torsi yang lebih tinggi. Torsi maksimum di kedua versi adalah hingga 1.340 Nm, dan jangkauan model Taycan Turbo GT hingga 555 km menurut pengukuran WLTP. Taycan Turbo GT hanya membutuhkan 2,3 detik untuk sprint dari nol hingga 100 km/jam, atau hanya 2,2 detik dengan paket Weissach.
Baca Juga: Tidak Cuma EV, Toyota Masih Kembangkan Mesin Konvensional |
Manfaatkan Konstruksi dan Sasis yang Ringan
Dengan ukuran konstruksi ringan yang cerdas, Porsche telah mengurangi berat Taycan Turbo GT hingga 75 kg dibandingkan dengan Taycan Turbo S. Sejumlah bagian karbon berkontribusi terhadap hal ini. Serat karbon digunakan untuk trim pada pilar-B, cangkang atas pada cermin pintu dan tatahan rok samping, di antara komponen lainnya. Bucket seat yang terbuat dari CFRP, kompartemen bagasi yang ringan dan penghilangan fungsi soft-closing listrik dari luggage compartment juga menghemat berat.Taycan Turbo GT dilengkapi sebagai standar dengan paket dinamika. Ini termasuk suspensi Porsche Active Ride dengan penyetelan khusus GT. Dalam situasi mengemudi yang dinamis, suspensi ini memastikan koneksi yang hampir sempurna ke jalan berkat distribusi beban roda yang seimbang.
Taycan Turbo GT hadir standar dengan rem keramik ringan. Berdasarkan Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB), sistem rem telah dioptimalkan dari perspektif bobot. Perubahan desain pada ruang cakram rem dan rumah kaliper rem mencukur lebih dari dua kilogram.
Memaksimalkan Aerodinamika dan Desain Eksterior
Para insinyur mengembangkan spoiler depan dengan aeroblades khusus untuk Taycan Turbo GT. Tampilan belakang didominasi oleh spoiler adaptif, bagian ujung tear-off yang menampilkan penutup Gurney dengan sentuhan akhir carbon-weave high-gloss.Baca Juga: Indonesia Mulai produksi Baterai Kendaraan Listrik Tahun Ini |
Porsche Taycan Turbo GT dengan paket Weissach
Taycan Turbo GT dengan paket Weissach bahkan lebih tajam dalam posisinya. Dengan aerodinamika tambahan dan ukuran konstruksi yang ringan, model ini bahkan lebih tegas dirancang untuk kinerjanya. Taycan Turbo GT dengan paket Weissach berakselerasi dari nol menjadi 100 km/jam dalam 2,2 detik, membuat dua tempat duduk sepersepuluh detik lebih cepat daripada Taycan Turbo GT yang sama kuatnya. Kecepatan tertingginya adalah 305.Langkah-langkah aerodinamika tambahan termasuk elemen deflektor udara di bagian bawah bodi dan diffuser depan baru. Di bagian belakang, model dengan paket Weissach memiliki sayap belakang tetap dalam lapisan karbon-menenun dengan penyangga sayap yang dipasang pada bodi. Total downforce di sini mencapai 220 kg.
Menghilangkan semua peralatan yang tidak diperlukan untuk mengemudi di trek telah memangkas sekitar 70 kg lagi dibandingkan dengan Taycan Turbo GT tanpa paket Weissach. Alih-alih sistem kursi belakang yang biasa, ada kelongsong karbon ringan berkualitas tinggi yang dibuat khusus dengan kompartemen penyimpanan di belakang cangkang kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News