Mekanik legendaris Nascar, Smokey Yunick (kiri), with bersama Tom McCahill (kanan). MotorTrend
Mekanik legendaris Nascar, Smokey Yunick (kiri), with bersama Tom McCahill (kanan). MotorTrend

Sejarah Otomotif

Mengenal Istilah Akselerasi 0-100 KPJ, Ini Penemunya

Otomotif Sejarah Otomotif
Ekawan Raharja • 10 Juni 2021 14:00
Jakarta: Ketika melihat spesifikasi sebuah mobil, kerap melihat istilah akselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj). Istilah ini awalnya bukan dipopulerkan oleh pihak pabrikan, namun ternyata dikenalkan oleh wartawan.
 
Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang wartawan dan pecinta otomotif, Tom McCahil, yang benar-benar menyukai mobil. Dia menggunakan istilah 0-100 kpj (0-60 MPH) sebagai tolak ukur sederhana yang bisa dipahami untuk perbandingan, dikutip dari Motor Trend.
 
Tom pertama kali menggunakan istilah akselerasi 0-100 kpj saat melakukan test drive dengan menggunakan Ford 1946 untuk dimuat di majalah Mechanix Illustrated. gaya menulis yang menghibur dan  menggunakan kata-kata kasar untuk menggambarkan semangat dalam mengendarai mobil.
 
Di artikel itu, dia juga menyelipkan istilah 0-100 KPJ untuk melukiskan performa mobil yang dikendarai. Dia menggambarkan performa mobil yang dikendarainya, seberapa cepat mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi diam.
 
Gaya tulisannya itu kemudian berlanjut di sejumlah mobil lainnya ketika di tes. Mulai dari Dodge 1947 dengan transmisi Gyro-Matic hingga Javelin Jowett menjadi percobaan, dan tulisan ini banyak disukai para pembaca.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif