Pekerjaan sebagai SPG yang kini berkembang menjadi lebih ke tenaga penjual, pemasaran hingga tim untuk melakukan edukasi. Medcom.id/Ahmad Garuda
Pekerjaan sebagai SPG yang kini berkembang menjadi lebih ke tenaga penjual, pemasaran hingga tim untuk melakukan edukasi. Medcom.id/Ahmad Garuda

Serba-Serbi Pameran Otomotif

SPG di Pameran Otomotif, Lelah Tapi Menyenangkan?

Ahmad Garuda • 20 November 2021 22:48
Pekerjaan sebagai SPG (sales promotion girl) bisa dibilang pekerjaan yang cukup melelahkan. Berdiri selama berjam-jam lamanya di samping produk yang mereka jual, lalu wajib senyum, menggunakan high heels (sendal/sepatu hak tinggi) belum lagi menggunakan pakaian minim di ruangan yang bersuhu dingin hingga menjawab pertanyaan iseng dari pengunjung pameran.
 
Namun tak semua SPG terasa melelahkan. Lantaran tak semua SPG menjual produk otomotif berupa kendaraan yang harus berdiri di sampingnya hingga beberapa jam lamanya. Salah satunya SPG yang bertugas di booth Astra Financial di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.
 
Kami menggali sedikit cerita dengan salah satu SPG atau yang mereka sebut Ladies di booth yang berurusan dengan produk-produk keuangan dari brand induk Astra Finance. Mereka justru merasa berbeda dari sekadar 'menjaga produk'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:
Standar Audio Mobil Versi Jevin Julian
 
"Kalau di booth ini tuh, deskripsi pekerjaan kami agak berbeda dari SPG atau ladies di produk otomotif. Lantaran ini adalah produk pendukung otomotif yang berhubungan dengan keuangan, ya kami justru lebih banyak berinteraksi dengan pengunjung. Berdiri sih iya, cuma lebih banyak berinteraksi, ngobrol dan melakukan edukasi melalui berbagai produk yang ditawarkan. Jadi pembawaannya senang," ujar salah satu ladies bernama Maya Mauren kepada Medcom.id pada Jumat (18/11/2021).
 
SPG di Pameran Otomotif, Lelah Tapi Menyenangkan?
 
Mauren, begitu Ia akrab disapa, menegaskan bahwa ini adalah kali ketiga Ia bersama anak perusahaan Astra tersebut di ajang pameran otomotif. Ia pun mengaku lebih senang saat berinteraksi dengan orang-orang usia remaja atau dewasa dalam jumlah berkelompok untuk berbagai edukasi atau sekadar mengajak bermain game di booth yang Ia tempati.
 
Soal bayaran, Mauren memang tak bercerita secara langsung. Namun dari hasil penelusuran kami di beberapa booth yang ada di pemeran otomotif tahunan itu, terdapat variasi angka penghasian untuk 'gadis-gadis pemanis' di ruang pamer tersebut. Ada yang angkanya masih di bawah Rp1 juta untuk 4-5 jam saja, ada juga yang lebih dari Rp3 juta per hari untuk long shift (jam jaga yang lebih panjang).
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif