Ilustrasi mobil SIM keliling. Antara/Andika Wahyu
Ilustrasi mobil SIM keliling. Antara/Andika Wahyu

Kelengkapan Kendaraan

Dispensasi Perpanjang SIM, Terakhir Hari Ini!

Otomotif sim
Ekawan Raharja • 31 Agustus 2020 09:59
Jakarta: Masa Dispensasi untuk mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya saat PSBB berlangsung sudah dipenghujung waktu. Bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya sudah habis, maka ini hari terakhir dispensasi diberlakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).
 
Sebelumnya Polri memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang SIM-nya habis pada 17 Maret-29 Mei 2020. "Diberikan dispensasi perpanjangan 2 Juni hingga 31 Agustus 2020," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari Korlantas Polri beberapa waktu lalu.
 
Masa dispensasi ini diberikan karena Pandemik Covid-19 yang kemudian membuat pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal ini kemudian berdampak kepada tutupnya sejumlah pelayanan publik, termasuk pengurusan SIM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itu, bagi masyarakat yang masih belum melakukan perpanjangan SIM bisa menyegarakannya hari ini. Masyarakat bisa berkunjung ke berbagai satpas SIM yang ada di samsat, samsat keliling, atau gerai-gerai di sejumlah mall.
 
Untuk persyaratan perpanjangan SIM, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak pemohon perpanjangan SIM dikenakan biaya Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C. Adapun syarat perpanjang SIM meliputi fotokopi KTP beserta KTP asli, fotokopi SIM lama dan aslinya, bukti cek kesehatan, dan mengisi formulir permohonan.

 
Halaman Selanjutnya
5 Lokasi SIM Keliling di…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif