Ilustrasi mengemudi. Auto2000
Ilustrasi mengemudi. Auto2000

Safety Driving

Mengenal Highway Hypnosis Di Jalan Tol, Bagaimana Bahayanya?

Ekawan Raharja • 03 Februari 2022 09:00
Jakarta: Mengemudi di jalan tol memiliki resiko tinggi kecelakaan, sehingga harus fokus dan bersungguh-sungguh. Salah satu penyebab kecelakaan adalah Highway Hypnosis.
 
Highway Hypnosis atau white line fever adalah berkurangnya konsentrasi tanpa sadar ketika mengemudi mobil dalam jarak atau waktu yang jauh seperti di jalan tol. Dalam keadaan ini, pikiran pengemudi fokus ke tempat lain, padahal terlihat sedang mengemudi mobil.
 
Teralihkannya pikiran membuat pengemudi tidak sadar dan kehilangan kendali pada kendaraan. Efeknya sama dengan microsleep, teralihkannya perhatian dari jalan dapat memicu kecelakaan fatal.  
 
Profil jalan bebas hambatan atau tol hampir selalu lurus, monoton, dan pemandangannya tidak ada yang menarik sehingga tanpa sadar memicu highway hypnosis. Seperti hilang kesadaran akibat dihipnotis, situasi bahaya ini bisa dialami siapa saja meskipun sudah cukup tidur atau istirahat lantaran tercipta akibat lingkungan berkendara yang membosankan.
 
“Jalan tol yang lurus dan mulus akan membuat pengemudi cepat merasa bosan dan memikirkan hal lain di luar berkendara. Meskipun hanya beberapa saat, kondisi ini dapat memicu kecelakaan fatal,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, melalui keterangan resminya.
 
Halaman Selanjutnya
  1. Jangan Terlalu Banyak…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif