Ilustrasi touring sepeda motor. Royal Enfield
Ilustrasi touring sepeda motor. Royal Enfield

Tips Otomotif

Perlengkapan Berkendara untuk Touring yang Tepat Versi Eddi Brokoli

Ekawan Raharja • 16 Mei 2022 11:00
Jakarta: Eddi Hidayatullah atau Eddi Brokoli dikenal sebagai artis yang memiliki hobi otomotif. Dia yang kerap melakukan perjalanan touring dengan sepeda motornya membagikan tips perlengkapan berkendara yang biasa digunakannya.
 
Eddi kemudian mengingatkan kepada para bikers untuk memperhatikan perlengkapan berkendara yang harus dipersiapkan ketika hendak melakukan perjalanan. Mulai dari jas hujan yang harus selalu sedia di motor.
 
"Karena kita tinggal di negara dua musim dan potensi turun hujan di sepanjang tahun. Oleh karena itu, jas hujan jangan sampai tidak terbawa saat riding," kata Eddi Brokoli melalui jumpa pers virtual beberapa waktu lalu.
 
Setelahnya, dia mengingatkan kepada para bikers untuk menggunakan sepatu. "Kemudian gunakan sepatu yang aman buat riding, idealnya harus di atas mata kaki," tambahnya.
 
Pria yang juga bekerja sempat sebagai penyiar radio ini juga menekankan pentingnya perlengkapan berkendara yang nyaman dan aman saat dikenakan. "Kalau kita terlalu mengedepankan aman tapi tidak nyaman bisa mencelakakan diri sendiri," katanya.
 
 
"Misal pakai protektor untuk alasan keamanan tapi saat dipakai bikin tidak nyaman, akhirnya bikin sakit karena gesekan, atau karena pakai protektor itu pakaian jadi terlalu ketat, jadi saat berkendara pun jadi melelahkan karena tidak nyaman," sambungnya.
 
Terlepas dari itu semua, Eddi mengingatkan pentingnya mengenakan helm saat berkendara. Itu menjadi hal utama ketimbang mementingkan tampilan perlengkapan berkendara lainnya seperti jaket, celana, sarung tangan, ataupun sepatu.
 
"Kalau di sepeda motor, ban adalah nyawa kita. Tapi kalau di perlengkapan berkendara, helm yang utama karena kalau kepala kita sudah kenapa-kenapa (karena benturan saat terjadi insiden), (bagian tubuh) yang lain juga ikut rusak," jelas Eddi.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif