Polisi kini sudah bisa melakukan tilang elektronik melalui hp. NTMC Polri
Polisi kini sudah bisa melakukan tilang elektronik melalui hp. NTMC Polri

Tilang Elektronik

Polisi Kini Bisa Tilang Via HP, Gini Cara Kerjanya

Ekawan Raharja • 30 Juni 2022 13:00
Jakarta: Polisi kini mulai mengoperasikan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile menggunakan kamera handphone (HP). ETLE Mobile ini diterapkan oleh Polda Jawa Tengah dan siap untuk merekam para pelanggar lalu lintas.
 
ETLE statis atau yang dipasang di jalan-jalan tertentu, ETLE Mobile menjadi pelengkapnya karena bisa menjangkau wilayah yang tidak ada ETLE statis. Berbekal kamera HP, petugas kepolisian bisa memotret pelanggar lalu lintas dan bisa melakukan penilangan terhadap pengendara yang melanggar.
 
Cara kerjanya, petugas kepolisian akan berboncengan naik sepeda motor. Mereka berkeliling ke wilayah yang tidak tersedia ETLE statis. Petugas kepolisian yang dibonceng akan memotret para pelanggar lalu lintas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho, menjelaskan HP yang dipakai para petugas kepolisian untuk melakukan penilangan merupakan handphone khusus yang telah terhubung dengan database bagian urusan menanggulangi pelanggaran lalu lintas.
 
"Untuk proses penilangannya sama saja dengan ETLE biasa. Hasil gambar pelanggaran yang ditangkap dari ETLE mobile itu nantinya secara otomatis akan langsung terkirim ke bagian back office. Selanjutnya akan dilakukan validasi hasil penangkapan gambar pelanggaran tersebut," katanya Dikutip NTMC Polri,
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif