Jakarta - Mitsubishi Xforce telah resmi dipasarkan dan juga sebagian pesanan konsumen sudah dikirim ke pembelinya. Jika Anda salah satu pembelinya dan belum paham semua fitur dan teknologi yang ada di kendaraan itu, nih bocorannya. Beberapa waktu lalu saat melakukan uji jalan kendaraan di seputaran Yogyakarta hingga ke Semarang, ada fitur yang menurut Medcom.id jadi fitur tersembunyi.
Uniknya fitur di sistem transmisi bernama fitur Ds atau Drive Sport. Fitur ini bekerja seperti halnya mematikan fungsi overdrive, sehingga RPM terkesan tertahan dan bisa menyentuh angka maksimalnya sebelum pindah percepatan. Posisinya berada di sebelah kanan pangkal tuas transmisi dengan tombol bulat. Meski bentuknya terlihat kecil dan mungil, namun manfaatnya terhadap performa mesin sangat terasa.
Saat mencobanya di jalur menanjak di wilayah Gunung Kidul, tombol Ds di tuas transmisi mobil ini sanggup memberikan kesenangan berkendara di kondisi jalan menanjak curam hingga berkelok. Brand Ambassador Mitsubishi Motors, Rifat Sungkar yang ikut langsung merasakan performa mobil ini pun memberikan penjelasan singkat namun mudah dipahami soal teknologi dan fitur ini.
Menurutnya, fitur Ds yang menempel di Xforce punya fungsi mekanikal dan lebih ke maksimalisasi performa mesin dan kendaraan ini secara umum. Itu juga mengapa fitur Eco driving di mobil ini dinonaktifkan.
"Di mode DS ini semuanya akan jadi lebih cepat. Putaran mesin akan ditahan lebih lama agar bisa mencapai putaran optimal sebelum pindah percepatan. Jadi kalau satu gigi belum sampai di RPM atas dia enggak akan oper ke gigi berikutnya. Dan begitu juga saat di turunan, gigi akan nahan. Tidak hanya tanjakan. Jadi di sini ada otak pintar yang memanipulasi gearbox untuk bereaksi lebih cepat. More power dan more energy di DS ini," jelas Rifat.
Ia melanjutkan bahwa jika fitur Ds ini diaktifkan, secara otomatis fitur Eco tidak akan aktif. Lantaran bukan Eco yang dikejar menurutnya terkadang ada kebutuhan untuk buru-buru, sehingga maksimalisasi performa kendaraan juga dibutuhkan.
Lantaran posisinya yang cukup gampang dijangkau dengan jempol kiri, Anda bisa melakukan aktivasi sistem transmisi ini dengan memencetnya sekali saja, Kemudian untuk menontakifkannya memencet lagi sekali. Lantaran maksimalisasi performa akan langsung terasa, tentu konsumsi bahan bakar juga akan lebih banyak ketimbang mode Eco. Sehingga penting juga untuk menonaktifkan fitur tersebut, jika tidak ada kebutuhan untuk itu.
Jakarta - Mitsubishi Xforce telah resmi dipasarkan dan juga sebagian pesanan konsumen sudah dikirim ke pembelinya. Jika Anda salah satu pembelinya dan belum paham semua fitur dan teknologi yang ada di
kendaraan itu, nih bocorannya. Beberapa waktu lalu saat melakukan uji jalan kendaraan di seputaran Yogyakarta hingga ke Semarang, ada fitur yang menurut Medcom.id jadi fitur tersembunyi.
Uniknya fitur di sistem transmisi bernama fitur Ds atau Drive Sport. Fitur ini bekerja seperti halnya mematikan fungsi overdrive, sehingga RPM terkesan tertahan dan bisa menyentuh angka maksimalnya sebelum pindah percepatan. Posisinya berada di sebelah kanan pangkal tuas transmisi dengan tombol bulat. Meski bentuknya terlihat kecil dan mungil, namun manfaatnya terhadap performa mesin sangat terasa.
Saat mencobanya di jalur menanjak di wilayah Gunung Kidul, tombol Ds di tuas transmisi mobil ini sanggup memberikan kesenangan berkendara di kondisi jalan menanjak curam hingga berkelok. Brand Ambassador Mitsubishi Motors, Rifat Sungkar yang ikut langsung merasakan performa mobil ini pun memberikan penjelasan singkat namun mudah dipahami soal teknologi dan fitur ini.
Menurutnya, fitur Ds yang menempel di Xforce punya fungsi mekanikal dan lebih ke maksimalisasi performa mesin dan kendaraan ini secara umum. Itu juga mengapa fitur Eco driving di mobil ini dinonaktifkan.
"Di mode DS ini semuanya akan jadi lebih cepat. Putaran mesin akan ditahan lebih lama agar bisa mencapai putaran optimal sebelum pindah percepatan. Jadi kalau satu gigi belum sampai di RPM atas dia enggak akan oper ke gigi berikutnya. Dan begitu juga saat di turunan, gigi akan nahan. Tidak hanya tanjakan. Jadi di sini ada otak pintar yang memanipulasi gearbox untuk bereaksi lebih cepat. More power dan more energy di DS ini," jelas Rifat.
Ia melanjutkan bahwa jika fitur Ds ini diaktifkan, secara otomatis fitur Eco tidak akan aktif. Lantaran bukan Eco yang dikejar menurutnya terkadang ada kebutuhan untuk buru-buru, sehingga maksimalisasi performa kendaraan juga dibutuhkan.
Lantaran posisinya yang cukup gampang dijangkau dengan jempol kiri, Anda bisa melakukan aktivasi sistem transmisi ini dengan memencetnya sekali saja, Kemudian untuk menontakifkannya memencet lagi sekali. Lantaran maksimalisasi performa akan langsung terasa, tentu konsumsi bahan bakar juga akan lebih banyak ketimbang mode Eco. Sehingga penting juga untuk menonaktifkan fitur tersebut, jika tidak ada kebutuhan untuk itu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)