Ilustrasi. Isuzu
Ilustrasi. Isuzu

Teknologi Otomotif

Mengenal 3 Sistem Rem Bus & Truk Jumbo

Ekawan Raharja • 22 Juni 2021 12:00
Jakarta: Kendaraan komersial, khususnya bus dan truk, memiliki ukuran yang besar dan bobot yang lebih berat jika dibandingkan kendaraan bermotor lainnya. Kondisi ini kemudian membuat produsen otomotif membuat sistem pengereman yang berbeda jika dibandingkan kendaraan penumpang yang banyak digunakan masyarakat umumnya.
 
Dikutip dari Autogear.id, sistem pengereman truk sebenarnya juga terbagi dalam beragam pilihan, dimana secara garis besar terdapat tiga sistem pengereman yang ada pada berbagai truk yang diproduksi. Ketiga sistem pengereman tersebut adalah;

1. Hidrolik

Untuk sistem pengereman tipe hidrolik, komponennya menggunakan minyak rem. Sehingga bisa dibilang, gaya pengeremannya tergantung pada kekuatan pijakan kaki.
 
“Selain dipengaruhi kuat atau lemahnya pijakan kaki pengemudi, sistem pengereman model hidrolik ini juga sering dibantu dengan booster. Kemudian, karena model rem ini memakai cairan, maka dalam mengecek kebocorannya juga relatif lebih mudah,” ucap Technical Warranty Dept. Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Reiner Tandiono.

2. Air Over Hydraulic (AOH)

AOH merupakan sebuah sistem pengereman gabungan dari rem hidrolik dan pneumatic (udara). Untuk diketahui sekilas, sistem pneumatic berfungsi menekan piston silinder yang nantinya dapat menekan kampas rem secara hidrolis.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan