Balap Mobil
Serba-Serbi Formula E, Jangan Sampai Tidak Paham Pas Menonton
Ekawan Raharja • 03 Juni 2022 14:00
Jakarta: Indonesia sebentar lagi akan menyelenggarakan balapan Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4-6-2022). Namun sebelum menyaksikan balapan ini, pastikan Anda mengetahui balapan mobil single seater ini.
Formula E, secara resmi bernama ABB FIA Formula E World Championship, adalah sebuah kejuaraan olahraga otomotif balap mobil mobil kursi tunggal yang khusus hanya menggunakan mobil listrik saja. Kejuaraan ini pertama kali digagas pada tahun 2011 oleh presiden FIA kala itu, Jean Todt, dan Alejandro Agag yang juga merupakan pendiri dan kepala eksekutif dari Formula E Holdings.
Perlombaan resmi pertamanya digelar di Beijing, Tiongkok, pada bulan September 2014. Sejak tahun 2020, Formula E mendapatkan status sebagai kejuaraan dunia.
Sesi Kualifikasi dan Balapan
Hari perlombaan dimulai dengan dua sesi latihan bebas di pagi hari: sesi pertama berdurasi 45 menit diikuti dengan sesi kedua selama 30 menit. Selama sesi ini, pembalap bebas menggunakan output daya kualifikasi penuh. Ada sesi latihan tambahan selama 45 menit jika misal perlombaan digelar dengan skema double-header pada hari Minggu. Sejak musim 8, semua sesi latihan berdurasi 30 menit.
Di bawah format saat ini (diperkenalkan di musim 8), pembalap dibagi menjadi dua grup berdasarkan posisi mereka di klasemen kejuaraan, mereka yang berada di klasemen bernomor ganjil masuk ke grup A, sedangkan yang bernomor genap masuk ke grup B. Pengecualian adalah pada balapan pertama musim, di mana setiap tim dapat menominasikan satu pembalap ke dalam setiap grup.
Setiap grup mendapat sesi 10 menit untuk mengatur putaran tercepat di 220kW, di mana 4 teratas dari setiap grup akan maju ke tahap duel, di mana pembalap berhadapan head-to-head di 250kW selama perempat final, semi final dan final.
Pemenang final kemudian berbaris di posisi 1, yang kalah final di posisi 2, yang kalah di semifinal di posisi 3 dan 4, dan yang kalah di perempat final di posisi 5 sampai 8, secara berurutan dengan waktu yang didapatkan dalam sesi masing-masing. Pembalap lainnya dari penyisihan grup ditempatkan bergantian dari posisi 9, dengan kelompok pole sitter di tempat ganjil, dan kelompok lain di tempat genap.
Sistem balapannya sekarang ini diatur menjadi 45 menit plus satu putaran.
Kemudian untuk mobil-mobil yang digunakan sekarang ini tidak membutuhkan pit stop karena baterai bisa bertahan selama balapan penuh. Untuk ban dibuat sedemikian rupa untuk bisa bertahan dalam segala jenis cuaca yang membuat pitstop hanya dilakukan jika ada ban yang bocor atau untuk melakukan perbaikan mobil. Dalam mode balapan, daya keluaran maksimum saat ini dibatasi hingga 200 kW.
Poin
Poin diberikan kepada 10 pembalap yang finis menggunakan sistem standar FIA (25-18-15-12-10-8-6-4-2-1) seperti yang digunakan di ajang Formula Satu. Pembalap yang berhasil meraih pole position diberikan 3 poin tambahan, sedangkan pembalap yang mencetak lap tercepat (jika finis di 10 besar) mendapatkan satu poin (dua poin di 2 musim pertama).
Kejuaraan yang dipertandingkan ada dua yaitu kejuaraan pembalap dan tim. Pembalap yang paling tinggi meraih poin sampai akhir musim dinyatakan sebagai juara pembalap. Begitu juga dengan kejuaraan tim yang mana tim yang paling banyak meraih poin (gabungan dari dua mobil) akan dinyatakan sebagai juara tim.
Fanboost
Untuk setiap balapan, para penggemar dapat memilih pembalap favorit mereka lewat berbagai kanal media sosial untuk memberikan pembalap daya tambahan yang nantinya bisa digunakan untuk aktivasi overtake button saat perlombaan berjalan. Pemungutan suara dimulai 3 hari sebelum acara dan ditutup setelah 15 menit balapan dimulai. Lima pembalap dengan suara terbanyak mendapatkan daya tambahan selama lima detik yang digunakan pada paruh kedua balapan.
Mode Serang (Attack mode)
Pada musim kelima, fitur yang disebut Mode Serang (Attack Mode) diperkenalkan, di mana pembalap akan menerima tambahan 25 kW di musim 5 (35 kW di musim 6 dan 7) untuk tambahan daya setelah mereka melalui area yang ditentukan dari sirkuit di luar garis balap. Durasi mode boost dan jumlah boost yang tersedia diputuskan hanya sesaat sebelum setiap balapan oleh FIA untuk mengurangi waktu tim menemukan strategi optimal.
Semua mode serangan harus diaktifkan pada akhir balapan, tetapi tidak perlu digunakan (yaitu jika mode serangan terakhir diaktifkan di dua lap terakhir, pembalap tidak akan dihukum karena masih diaktifkan pada akhir balapan). Jika ada periode full course yellow atau safety car, mode serang tidak boleh diaktifkan.
Untuk musim 6 dan 7, setiap menit dibawah periode safety car atau FCY, akan mengurangi juga 1 kWh energi yang dihilangkan dari total energi yang dapat digunakan, dengan tujuan untuk memberi pembalap dan tim lebih banyak pencarian taktik manajemen energi. Dari musim 8, waktu tambahan digunakan, di mana setiap menit penuh di bawah safety car atau FCY dalam 40 menit pertama, akan menambahkan waktu selama 45 detik yang ditambahkan ke waktu balapan hingga maksimum 10 menit.
Jakarta: Indonesia sebentar lagi akan menyelenggarakan balapan Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4-6-2022). Namun sebelum menyaksikan balapan ini, pastikan Anda mengetahui balapan mobil single seater ini.
Formula E, secara resmi bernama ABB FIA Formula E World Championship, adalah sebuah kejuaraan olahraga otomotif balap mobil mobil kursi tunggal yang khusus hanya menggunakan mobil listrik saja. Kejuaraan ini pertama kali digagas pada tahun 2011 oleh presiden FIA kala itu, Jean Todt, dan Alejandro Agag yang juga merupakan pendiri dan kepala eksekutif dari Formula E Holdings.
Perlombaan resmi pertamanya digelar di Beijing, Tiongkok, pada bulan September 2014. Sejak tahun 2020, Formula E mendapatkan status sebagai kejuaraan dunia.
Sesi Kualifikasi dan Balapan
Hari perlombaan dimulai dengan dua sesi latihan bebas di pagi hari: sesi pertama berdurasi 45 menit diikuti dengan sesi kedua selama 30 menit. Selama sesi ini, pembalap bebas menggunakan output daya kualifikasi penuh. Ada sesi latihan tambahan selama 45 menit jika misal perlombaan digelar dengan skema double-header pada hari Minggu. Sejak musim 8, semua sesi latihan berdurasi 30 menit.
Di bawah format saat ini (diperkenalkan di musim 8), pembalap dibagi menjadi dua grup berdasarkan posisi mereka di klasemen kejuaraan, mereka yang berada di klasemen bernomor ganjil masuk ke grup A, sedangkan yang bernomor genap masuk ke grup B. Pengecualian adalah pada balapan pertama musim, di mana setiap tim dapat menominasikan satu pembalap ke dalam setiap grup.