Mobil Baru
Audi All New A6 jadi Pilihan Baru Orang Kaya Indonesia
Ekawan Raharja • 16 September 2020 17:00
Jakarta: Audi akhirnya meluncurkan All New A6 untuk konsumen di Indonesia yang inginkan model full size sedan. Secara keseluruhan sedan dari Ingolstadt, Jerman, ini hadir dengan perubahan yang masif, dengan fokus utama peningkatan kenyamanan berkendara.
Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri, menjelaskan memiliki sejumlah keunggulan teknologi dibandingkan rival-rivalnya. Kalau berkaca di pasar otomotif Indonesia, maka All New A6 memiliki kompetitor Mercedes-Benz E-Class dan BMW Seri-5.
"Keunggulan akan nilai-nilai inovatif ditawarkan melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru dengan berbagai kemudahannya, desain yang sporty tanpa meninggalkan kesan elegan, serta keunggulan rekayasa teknologi yang menjadikan mobil ini seakan menawarkan kemewahan kelas bisnis di atas empat roda,” ujar Andrew Nasuri melalui keterangan resminya.
All New A6 ditawarkan di Indonesia dengan dua varian, All New A6 3.0 TFSI Quattro dengan harga Rp 1,950 miliar atau All New A6 2.0 TFSI berbanderol Rp 1,490 miliar (on the road DKI Jakarta). Mobil ini tersedia dalam 6 pilihan warna yakni Brilliant Black, Ibis White, Typhoon Grey, Floret Silver, Carat Beige, dan Firmament Blue.
?Sebagai perbandingan, Seri-5 hadir di Indonesia dengan 3 varian yang banderolnya mulai dari Rp 1,225 miliar hingga varian tertinggi Rp 1,441 miliar (on the road DKI Jakarta). Sedangkan E-Class dipasarkan dengan 4 varian mulai dari Rp 1,060 miliar sampai Rp 1,675 miliar (off the road).
Aplikasi Desain Baru
Secara keseluruhan, sedan ini memiliki panjang 4.929 mm, lebar 1.886 mm, dan tingginya 1.457 mm yang berarti ukurannya jauh lebih besar dari generasi sebelumnya. Ukuran yang lebih besar ini kemudian ditunjang juga dengan bahasa desain terbaru Audi, yang sudah diterapkan di A8 dan A7 Sportback.
Bisa dilihat dari tiga garis tegas di sisi yang secara visual menampilkan mobil yang tampak rendah, kontur yang kuat di atas lengkungan roda, beserta Garis atap yang tegas dan menurun di pilar-C memperkuat siluetnya. Gaya ini kemudian dipertegas dengan Grille single frame yang lebar dan rendah, lampu utama LED dengan lima garis horizontal termasuk lampu daytime running light (DRL) sebagai ciri khas, serta lubang udara yang tampak kekar mempertegas tampilannya yang sporty.
Beralih ke interior, panel berwarna hitam mendominasi untuk menciptakan suara lounge untuk bersantai. Berubahnya dimensi mobil juga turun mengubah ruang kaki (legroom), Ruang kepala (headroom) dan ruang bahu (shoulder room) juga semakin luas. Desain jok berlapis kulit Milano juga turut mendapatkan sematan baru dengan keleluasaan pengaturan posisi untuk disesuaikan dengan kebutuhan.
Konsol tengah The All-New Audi A6 memiliki sudut yang condong ke arah pengemudi, termasuk kedua layar MMI-nya. Sebagai pusat infotainment, MMI memiliki layar tampilan yang multifungsi dengan ukuran 10,1 inci di bagian atas untuk layar hiburan dan navigasi, serta 8,6 inci di bagian bawah, konsol tengah untuk kendali penyejuk kabin dan berbagai fungsi pengaturan lainnya. Fungsi MMI yang digunakan pada All new A6 juga termasuk layar virtual cockpit sebesar 12,3 inci sebagai panel instrumen di balik lingkar kemudi.
Performa Kuat dengan Dukungan Mild-Hybrid
Seperti yang sudah disebutkan di awal, mobil ini tersedia dalam dua varian. Kedua varian ini mengusung mesin yang berbeda dan sistem penggerak yang berbeda pula.
All New A6 3.0 TFSI Quattro menggunakan mesin V6 3.000 cc TFSI bertenaga 340 daya kuda dan torsi maksimal 500 Nm. Seluruh daya yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke sistem penggerak empat roda quattro khas Audi melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.
Catatan akselerasi 0-100 kilometer per jam mobil ini di 5,1 detik, dengan kecepatan puncaknya 250 kilometer per jam (dibatasi oleh limiter). Catatan di Jerman, konsumsi bahan bakar mobil ini bisa mencapai 1:14 liter per kilometer (dan ini tergantung kondisi lalu lintas dan gaya mengemudi).
Satu lagi adalah varian All New A6 2.0 TFSI dengan esmin 2.000 cc 4 silinder segaris bertenaga 190 daya kuda dan torsi 320 Nm. Tenaga ini disalurkan hanya ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.
Kedua varian ini mendapatkan dukungan dari teknologi mild-hybrid terbaru. Teknologi ini menggunakan belt alternator starter (BAS) yang bekerja bersama-sama baterai lithium-ion berkapasitas 10 Ah.
The All-New A6 dapat menjelajah tanpa mesin yang menyala pada kecepatan antara 55 hingga 160 kilometer per jam, kemudian fungsi start-stop akan dimulai pada kecepatan 22 kilometer per jam. Mesin akan mulai menyala dari kondisi diam, segera begitu mobil di depan mulai bergerak.
Saat melakukan deselerasi, BAS akan mengembalikan kembali energi hingga 12 kW. Dalam kondisi pengendaraan nyata, teknologi mild-hybrid ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 kilometer.
Jakarta: Audi akhirnya meluncurkan All New A6 untuk konsumen di Indonesia yang inginkan model full size sedan. Secara keseluruhan sedan dari Ingolstadt, Jerman, ini hadir dengan perubahan yang masif, dengan fokus utama peningkatan kenyamanan berkendara.
Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri, menjelaskan memiliki sejumlah keunggulan teknologi dibandingkan rival-rivalnya. Kalau berkaca di pasar otomotif Indonesia, maka All New A6 memiliki kompetitor Mercedes-Benz E-Class dan BMW Seri-5.
"Keunggulan akan nilai-nilai inovatif ditawarkan melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru dengan berbagai kemudahannya, desain yang sporty tanpa meninggalkan kesan elegan, serta keunggulan rekayasa teknologi yang menjadikan mobil ini seakan menawarkan kemewahan kelas bisnis di atas empat roda,” ujar Andrew Nasuri melalui keterangan resminya.
All New A6 ditawarkan di Indonesia dengan dua varian, All New A6 3.0 TFSI Quattro dengan harga Rp 1,950 miliar atau All New A6 2.0 TFSI berbanderol Rp 1,490 miliar (on the road DKI Jakarta). Mobil ini tersedia dalam 6 pilihan warna yakni Brilliant Black, Ibis White, Typhoon Grey, Floret Silver, Carat Beige, dan Firmament Blue.
?Sebagai perbandingan, Seri-5 hadir di Indonesia dengan 3 varian yang banderolnya mulai dari Rp 1,225 miliar hingga varian tertinggi Rp 1,441 miliar (on the road DKI Jakarta). Sedangkan E-Class dipasarkan dengan 4 varian mulai dari Rp 1,060 miliar sampai Rp 1,675 miliar (off the road).
Halaman Selanjutnya
Aplikasi Desain Baru