Mencoba Sirkuit Mandalika dengan All New Honda HR-V. Honda
Mencoba Sirkuit Mandalika dengan All New Honda HR-V. Honda

Test Drive

Melesat Indah Di Sirkuit Mandalika

Ekawan Raharja • 29 Mei 2022 20:59
Mandalika: Sirkuit Mandalika merupakan lintasan balap terbaik yang dimiliki oleh Indonesia sekarang ini. Trek di Nusa Tenggara Barat menawarkan sensasi balap yang berbeda, tikungan yang menantang dengan latar belakang panorama laut nan eksotis.
 
Tester driver Medcom.id mendapatkan kesempatan untuk merasakan langsung Sirkuit yang pernah dipakai oleh para pembalap dunia di ajang World Superbike Championship (WSBK) dan MotoGP. Bedanya, tester driver Medcom.id mencoba lintasan balap ini dengan menggunakan All New Honda HR-V Varian RS Turbo.
 
Secara keseluruhan, sirkuit Mandalika menawarkan panjang lintasan 4,3 kilometer dengan lebar mencapai 15 meter. Pihak penyelenggara, Honda Prospect Motor, menyebutkan pengemudi menggunakan trek secara penuh agar bisa merasakan sensasi berkendara Sirkuit Mandalika yang khas.
 
Tester driver Medcom.id langsung tancap gas sedari trek lurus yang disajikan Sirkuit Mandalika di bawah terik matahari. Kemudian masuk ke tikungan pertama dengan kecepatan kurang lebih 80 kilometer per jam dengan sangat nyaman dan grip yang ditawarkan sangat mulus.
 
Ada 2 hal yang menjadi catatan kenapa memasuki tikungan dengan kecepatan tinggi ini begitu mulus. Pertama karana kualitas aspal di Sirkuit Mandalika didukung aspal stone mastic asphalt (SMA) yang membuat ban maksimal cengkramannya, dan lebar trek mencapai 15 meter membuat tester driver percaya diri.
 
 
Melesat Indah Di Sirkuit Mandalika
 
Kemudian, All New HR-V sudah memiliki fitur Vehicle Stability Assist (VSA) yang bisa mengoreksi understeer atau oversteer secara otomatis. Kemudian sistem pengeremannya juga sudah menggunakan teknologi anti-lock braking system (ABS), Electronic Brake Distribution (EBS), dan Brake Assist (BA). Performa pengereman ini terbukti handal untuk melakukan deselarasi dari kecepatan tinggi, apalagi digunakan di jalan raya yang tidak secepat di sirkuit.
 
Performa All New HR-V yang digunakan juga menjanjikan meskipun di atas Sirkuit. Dukungan mesin 1.500 cc Turbo bertenaga 174,5 daya kuda dan torsi 240 Nm, ditambah mode berkendara sport dan paddle shift di belakang setir. Tenaga besar yang tersedia ini secara instan langsung memutar roda depan dengan kecepatan tinggi.
 
Keberadaan paddle shift di balik kemudi juga sangat membantu pengemudi dalam mengatasi tantangan yang ada. Down shift cepat menghasilkan engine brake yang sangat membantu deselerasi saat masuk ke dalam tikungan, kemudian upshift berperan ketika mobil keluar dari tikungan dan membutuhkan tenaga yang responsif.
 
Rancang bangun mobil serta kaki-kaki, khususnya suspensi, terasa sangat membantu menjaga stabilitas ketika bermanuver. Harus diakui body roll pun tetap terasa ekstrim, karena ground clearance yang tinggi serta manuver di tikungan yang cukup ekstrim.
 
Sensasi mengemudi di Sirkuit Mandalika tidak hanya sekadar merasakan langsung performa berkendara, tetapi juga merasakan langsung suasana yang ditawarkan. Mulai dari lambaian pohon kelapa, hembusan angin pantai, sehingga gundukan bukit yang indah membuat Sirkuit ini terasa Indah. Belum lagi ketika berada di area paddock atau bukit 360, kita bisa secara langsung melihat bibir pantai tidak jauh dari lintasan.
 
Rasanya bukan berlebihan menyebutkan Sirkuit Mandalika sangat Indah. Indah di mata dan di hati, hingga kami pun bisa melesat Indah di Sirkuit Mandalika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan