Booth Tuksedo Studio di IIMS 2022. Medcom.id/Ekawan Raharja
Booth Tuksedo Studio di IIMS 2022. Medcom.id/Ekawan Raharja

IIMS 2022

Tuksedo Studio Ditantang Membuat Mobil Listrik

Ekawan Raharja • 11 April 2022 13:00
Jakarta: Tuksedo Studio merupakan sebuah bengkel restorasi dan memproduksi kit car mobil-mobil klasik. Bengkel ini kemudian mendapatkan tantangan dari Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, untuk memproduksi mobil listrik.
 
Bambang Soesatyo secara resmi memberikan tantangan agar bisa membuat mobil listrik nasional di tahun depan. Bahkan, dia pun secara spesifik meminta agar body mobil ini bisa mudah diganti-ganti kala konsumennya bosan.
 
"Mobil listrik yang dibuat langsung oleh tangan anak bangsa, asli made in Indonesia. Selain itu, Tuksedo Studio juga saya tantang agar bisa membuat mobil yang bodynya bisa diganti secara mudah. Sehingga pemilik kendaraan yang bosan dengan body dan warnanya, bisa dengan mudah menggantinya, tinggal copot dan pasang body baru," ungkap pria yang akrab di sapa Bamsoet di IIMS 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR ini juga menyebutkan IMI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk terus bekerja sama menjadikan industri modifikasi otomotif, baik dalam bentuk kit car hingga restorasi, sebagai bagian dalam memperkuat tulang punggung perekonomian nasional. Karenanya IMI mendukung langkah Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, yang akan memasukan sektor modifikasi otomotif dalam peraturan pemerintah yang sedang disusun sebagai turunan dari UU No.24/2019 tentang Ekonomi Kreatif. Sehingga industri modifikasi otomotif memiliki payung hukum.
 
"IMI bersama Kementerian Perhubungan juga sedang menyusun regulasi agar kendaraan kit car dan hasil modifikasi otomotif lainnya bisa legal digunakan di jalan raya. IMI mengusulkan, sesuai tren otomotif di berbagai negara dunia, agar kedepannya nomor mesin tidak perlu lagi dijadikan dasar legalitas. Karena kendaraan kit car ataupun hasil modifikasi otomotif lainnya, biasanya menggunakan mesin dari kendaraan lainnya. Dengan melegalkan kendaraan modifikasi, Indonesia bisa menjadi pemain utama dalam industri modifikasi di Asia Tenggara, Asia, dan bahkan dunia," jelas Bamsoet.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif