Jakarta - Banyak orang yang mengeluhkan kondisi mobilnya kadang malah lebih boros dari mobil serupa lainnya padahal mesin dianggap tak memiliki masalah. Kalau Sobat Medcom adalah salah satu yang merasakan ini, coba cek bagian kaki-kaki mobil.
Posisi ban yang tidak seimbang atau salah satunya tidak searah, mungkin patut dilakukan spooring dan balancing. Tindakan ini adalah perawatan penting untuk kaki-kaki mobil yang sering dilakukan bersamaan, namun memiliki fungsi berbeda.
Spooring berfungsi untuk menyelaraskan sudut kemiringan roda agar lurus dan stabil, mencegah mobil 'menarik' ke satu sisi. Sedangkan balancing menyeimbangkan berat roda agar putarannya halus, menghilangkan getaran pada setir.
Keduanya meningkatkan kenyamanan, keamanan, keawetan ban, dan efisiensi bahan bakar dengan memastikan roda berputar optimal sesuai standar pabrik.
Baca Juga:
Geely Safety Centre Senilai Rp4,7 Triliun, Apa Saja Fasilitasnya?
Tujuan Spooring (Wheel Alignment)
-Menjaga mobil tetap lurus saat setir dilepas (tidak berbelok sendiri).
-Membuat kemudi ringan dan stabil.
-Mencegah keausan ban tidak merata.
Fungsi Balancing (Wheel Balancing)
-Menghilangkan getaran pada setir, terutama di kecepatan tinggi.
-Memastikan roda berputar sempurna dan mulus.
-Mengurangi suara bising dan beban pada suspensi.
Kapan Perlu Dilakukan?
-Secara rutin setiap 10.000 - 20.000 km, atau lebih sering jika sering melewati jalan rusak.
-Saat mobil terasa bergetar, setir berat ke satu sisi, atau mobil berjalan miring.
-Setiap kali ganti ban atau ada perbaikan kaki-kaki.
Jakarta - Banyak orang yang mengeluhkan kondisi mobilnya kadang malah lebih boros dari
mobil serupa lainnya padahal mesin dianggap tak memiliki masalah. Kalau
Sobat Medcom adalah salah satu yang merasakan ini, coba cek bagian
kaki-kaki mobil.
Posisi ban yang tidak seimbang atau salah satunya tidak searah, mungkin patut dilakukan spooring dan balancing. Tindakan ini adalah perawatan penting untuk kaki-kaki mobil yang sering dilakukan bersamaan, namun memiliki fungsi berbeda.
Spooring berfungsi untuk menyelaraskan sudut kemiringan roda agar lurus dan stabil, mencegah mobil 'menarik' ke satu sisi. Sedangkan balancing menyeimbangkan berat roda agar putarannya halus, menghilangkan getaran pada setir.
Keduanya meningkatkan kenyamanan, keamanan, keawetan ban, dan efisiensi bahan bakar dengan memastikan roda berputar optimal sesuai standar pabrik.
Tujuan Spooring (Wheel Alignment)
-Menjaga mobil tetap lurus saat setir dilepas (tidak berbelok sendiri).
-Membuat kemudi ringan dan stabil.
-Mencegah keausan ban tidak merata.
Fungsi Balancing (Wheel Balancing)
-Menghilangkan getaran pada setir, terutama di kecepatan tinggi.
-Memastikan roda berputar sempurna dan mulus.
-Mengurangi suara bising dan beban pada suspensi.
Kapan Perlu Dilakukan?
-Secara rutin setiap 10.000 - 20.000 km, atau lebih sering jika sering melewati jalan rusak.
-Saat mobil terasa bergetar, setir berat ke satu sisi, atau mobil berjalan miring.
-Setiap kali ganti ban atau ada perbaikan kaki-kaki.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)