Duet pereli, Ryan Nirwan, dan navigator, Adi Indiarto, berhasil meraih juara pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022. Toyota
Duet pereli, Ryan Nirwan, dan navigator, Adi Indiarto, berhasil meraih juara pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022. Toyota

Balap Mobil

GR Yaris AP4 Melesat Di Toba Rally 2022

Ekawan Raharja • 08 Agustus 2022 16:00
Medan: Toyota kembali menurunkan GR Yaris turun di balap Kejuaraan Nasional (kejurnas) Danau Toba Rally 2022 menggunakan spesifikasi AP4 (Asia-Pacific 4WD). Alhasil, mobil ini mendapatkan hasil yang cukup positif dan berhasil kejurnas Rally Indonesia 2022.
 
Duet pereli, Ryan Nirwan, dan navigator, Adi Indiarto, berhasil meraih juara pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (5 – 7 Agustus 2022). Bahkan sejak bendera dikibarkan, mobil yang di rancang dengan mengambil teknologi World Rally Championship (WRC) tersebut langsung melesat.
 
Hot hatchback ini langsung mencatatkan waktu tercepat pada sesi shakedown di hari Jumat (5/8) dengan catatan waktu tercepat 03:54.7. Alhasil, tim TGRI berhasil mengamankan juara pertama dengan total waktu tercepat 1:56:07.2, unggul lebih dari 2,5 detik dari rivalnya yang berada di posisi kedua.

“Saya dan Adi sangat bersyukur karena tim TGRI dapat menemukan setting terbaik pada GR Yaris AP4 sehingga kami dapat memaksimalkan performanya untuk meraih juara pertama di Kejurnas Danau Toba Rally 2022," beber Ryan Nirwan.
 
Dia juga menyebutkan lintasan kali ini tergolong menantang dan menguji ketahanan mobil. "GR Yaris AP4 pun diuji sehingga menuntut kami untuk tetap fokus saat mengemudikannya dalam melalui 7 special stage."
 

Spesifikasi yang digunakan merujuk kepada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram.
 
Untuk itu modifikasi pada GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. Meski begitu, komponen body shell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.
 
Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce.
 
Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.
 
 Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara. Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan