Ilustrasi. Hyundai
Ilustrasi. Hyundai

Teknologi Otomotif

Teknologi Connected Car Service Semakin Digandrungi Secara Global

Ekawan Raharja • 27 Juni 2023 11:00
Seoul: Connected car service menggunakan jaringan nirkabel untuk mengaktifkan sistem infotainment di kendaraan dan aplikasi smartphone yang memberikan pengguna kenyamanan akses terhadap kendaraannya. Fitur ini semakin ramai digunakan dan masyarakat global banyak yang merasakan manfaatnya.
 
Fitur connected car service ini dalam beberapa tahun ke belakang terus mengalami perkembangan. Layanan ini tidak hanya menawarkan fungsi dasar seperti navigasi real-time, voice recognition, dan remote vehicle control, tapi juga menghadirkan fitur inovatif seperti over-the-air (OTA) updates, pembayaran di dalam kendaraan, serta streaming audio dan video.
 
Hyundai Motor Group bahkan sudah mencatat ada 10 juta pengguna connected car service secara global pada bulan ini. Capaian ini direngkuh hanya dalam waktu 1 tahun dan 10 bulan setelah meraih 5 juta pengguna pada Agustus 2021. Adapun 10 juta pengguna yang menggunakan connected car service ini terdiri atas Hyundai Bluelink, Kia Connect, dan Genesis Connected Services.

"Kami memiliki tujuan untuk mengakselerasi transisi menuju era SDV (Software-Defined Vehicle) dengan terus fokus kepada teknologi dan software yang mampu menghubungkan tiap perjalanan secara seamless. Kami akan terus mengekspansi ekosistem layanan ini untuk menghadirkan solusi mobilitas yang lebih terpersonalisasi bagi pelanggan," ujar Vice President of the Infotainment Development Center Hyundai Motor Group, Hae-Young Kwon, melalui keterangan resminya.
 
Baca Juga:
Ford Berhutang ke Pemerintah Amerika Demi Pengembangan EV?

 
Ke depan, Grup otomotif asal Korea Selatan ini berencana mengekspansi connected car service ke pasar Asia Tenggara dengan memperkuat kolaborasi bersama penyedia layanan kenamaan di dunia untuk terus mengembangkan layanan inovatif yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.
 
Lebih lanjut, connected car service akan terus ditingkatkan sejalan dengan visi perusahaan terhadap transisi ke sistem SDV. Hyundai Motor Group telah mengungkapkan strategi untuk SDV dalam ajang ‘Unlock the Software Age’ pada October 2022, sekaligus mengumumkan untuk mulai menyediakan OTA software updates di semua model kendaraan yang akan datang.
 
Berdasarkan arsitektur domain-centralized, para insinyur fokus mengintegrasikan kontrol kendaraan pada empat domain, yaitu kelistrikan dan kenyamanan, performa berkendara, infotainment, dan advanced driver assistance system (ADAS). Nantinya, integrasi ini akan terus berkembang dengan pendekatan arsitektur yang terpusat untuk kontrol yang lebih terpadu.
 
Hyundai Motor Group juga tengah mengembangkan software dan perangkat-perangkat terkait berdasarkan perspektif user experience yang holistik. Dengan begitu, perangkat terkait dapat terhubung dengan berbagai layanan untuk menciptakan ekosistem mobilitas baru. Dari perspektif itu pula, data mobilitas yang kaya dan artificial intelligence (AI) akan memahami pengguna untuk memberikan pengalaman yang terkoneksi dengan natural.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan