Asian Games 2018

Jakabaring Bebas Asap Rokok Selama Asian Games

Deddy Pranata 16 Agustus 2018 19:41 WIB
asian games 2018
Jakabaring Bebas Asap Rokok Selama Asian Games
Tanda larangan merokok di Jakabaring Sport City (JSC), yang terpasang di beberapa titik strategis. (Foto: medcom.id/Deddy Pranata)
Palembang: Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, akan menegakkan aturan kawasan tanpa rokok selama perhelatan Asian Games 2018. Apabila ada yang kedapatan merokok, maka terancam denda paling banyak Rp50 juta.

“Kita telah mendapat arahan langsung dari Gubernur terkait larangan merokok ini. Makanya langsung dilaksanakan demi suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018,” kata Direktur Utama PT JSC, Bambang Supriyanto, Kamis, 16 Agustus 2018.

Dijelaskannya, setidaknya ada empat yang menjadi dasar penegakan peraturan tanpa asap rokok di JSC. Pertama kawasan tanpa rokok sesuai dengan peraturan daerah Provinsi Sumatera Selatan No 7 tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok, maka fasilitas olahraga merupakan salah satu Kawasan Tanpa Rokok.


“Kedua, keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor : 378/KPTS/DINKES/2018 tentang area JSC sebagai kawasan tanpa rokok. Ketiga, sesuai hasil rapat dengan Inasgoc dan keempat, sesuai hasil rapat koordinasi pengamanan Asian Games 2018 di Polda Sumsel,” jelas Bambang.

Baca: India dan Filipina Mundur dari Cabor Paralayang Asian Games


Atas dasar itulah, maka disepakati untuk dilaksanakan Operasi Yustisi Kawasan Tanpa Rokok oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Sumatera Selatan di JSC. Sanksi dari pelanggar aturan larangan merokok itu adalah pidana kurungan paling lama 3 bulan dan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

“Kita telah memasang papan pengumuman larangan merokok di berbagai titik kompleks JSC dan memasang stiker yang ditempel di sejumlah venue dan titik keramaian lainnya. Segera kita tambah lagi untuk stiker ini, agar lebih tersosialisasi tentang larangan merokok di JSC,” tegas Bambang.

Kemudian lanjut Bambang, Sat Pol PP Sumatera Selatan juga segera membuat kantor di kompleks JSC. Kantor tersebut sekaligus juga ruang sidang bagi yang nanti kedapatan melanggar aturan larangan merokok di JSC.

“Langkah-langkah yang telah dilakukan ini sebagai bukti keseriusan kita dan pihak terkait untuk menegakkan aturan larangan merokok itu. Kami berharap peraturan ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk mendidik perilaku sehat,” urainya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Atlet Jetski Indonesia: Memalukan Kalau Indonesia Targetkan 10 Besar



(ASM)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id