Menpora Berencana Mematenkan Sirkuit Pangkalpinang
Sejumlah crosser memacu motor mereka dalam race pertama kejuaraan dunia seri kedua Motocross Grand Prix (MXGP) di sirkuit GOR Sahabudin Pangkalpinang, Bangka Belitung, Minggu (5/3). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pangkalpinang: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berencana mematenkan sirkuit balap motocross Pangkalpinang. Itu ia inginkan demi meningkatkan aktivitas sport tourism dan memajukan perekonomian masyarakat sekitar.

"Kita harus membahu membahu untuk mematenkan sirkuit motocross di daerah ini," kata Imam usai menyaksikan ajang MXGP 2018 di Pangkalpinang, Minggu.

Sirkuit yang digunakan sebagai ajang MXGP tersebut terletak di GOR Sahabudin Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kabarnya, MXGP 2019 juga akan kembali bergulir di sirkuit tersebut.


Klik: Valtteri Bottas Rebut Pole Position GP Austria

Menurut Imam, adanya sirkuit Pangkalpinang telah memberi gambaran kepada dunia bahwa Indonesia kaya dengan tempat-tempat wisata. Selain itu, Indonesia juga jadi lebih dipercaya federasi internasional  untuk menggelar event berlevel dunia.

"Sirkuit ini harus dipatenkan agar semakin banyak lagi kunjungan wisatawan dan ekonomi masyarakat pun meningkat," ujar Imam

"Kemudian, apabila sirkuit daerah ini sudah dipatenkan tentu akan menjadi pusat latihan bagi crosser nasional juga," tambahnya.

Klik: Lewis Hamilton Makin Melesat pada FP2

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Yan Megawandi, menyatakan pemerintah provinsi siap mendukung arahan dari Menpora. Ia bersama pihaknya akan berupaya mematenkan Sirkuit GOR Sahabudin Pangkalpinang.

"Kami mendukung wacana Menpora untuk mematenkan sirkuit ini, karena akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan, ekonomi dan juga meningkatkan minat masyarakat berolahraga motocross," tutup Yan.

Hingga saat ini, ketersediaan Sirkuit Motocross Pangkalpinang masih bersifat sementara. Sirkuit tersebut sengaja dibangun pada tahun lalu untuk memfasilitasi kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah MXGP 2017 dan 2018. (ANT)





(KAU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id