Pendukung Korea Selatan mengenakan kaos bergambar peta penyatuan Korea saat menonton pertandingan bola tangan babak penyisihan grup A di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, Selasa (14/8). (INASGOC/Fulli Syafi)
Pendukung Korea Selatan mengenakan kaos bergambar peta penyatuan Korea saat menonton pertandingan bola tangan babak penyisihan grup A di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, Selasa (14/8). (INASGOC/Fulli Syafi)

Asian Games 2018 Disisipi Kampanye Penyatuan Korea

Olahraga asian games 2018 LombaGapuraAG
Kautsar Halim • 14 Agustus 2018 21:30
Jakarta: Dewan Penasehat Persatuan Nasional Korea akan mengerahkan lebih dari 300 suporter untuk mendukung kontingen Korea Selatan dan Korea Utara di ajang Asian Games 2018. Inisiatif itu dilakukan untuk mendorong penyatuan Korea.
 
"Kami mempromosikan persatuan Korea dengan mendukung setiap pertandingan Korea, baik itu Korea Utara ataupun Korea Selatan," kata Koordinator Penonton Song Kwang-jong di Jakarta Timur, Selasa 14 Agustus.
 
Klik:Sate Ayam jadi Menu Favorit Atlet Asing di Asian Games 2018
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Song mengatakan, pengerahan lebih dari 300 orang Korea Selatan itu akan dilakukan secara bertahap untuk beberapa cabang olahraga, terutama bola basket putri, dayung, dan kano. Ketika memberikan dukungannya, para suporter tersebut akan mengenakan kaus putih bergambar semenanjung Korea berwarna biru.
 
"Kami akan mendatangkan 100 orang pada pertandingan bola basket di Senayan, besok, Rabu (15/8). Kalau di Cibubur, lokasi ini terlalu jauh sehingga tidak banyak dari kami yang bisa datang," kata Song.
 
Klik:Dukungan Suporter Indonesia Dianggap tak Bisa Pengaruhi Palestina
 
Song dan belasan orang pendukung persatuan Korea menyempatkan diri untuk datang ke GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur pada Selasa 14 Agustus. Tujuannya tak lain untuk menyaksikan pertandingan tim bola tangan putri Korea Selatan dan Korea Utara pada laga penyisihan Grup A.
 
Dijelaskan lebih lanjut oleh Song, suporter Korea akan didatangkan lebih banyak lagi pada sepanjang 19-20 Agustus. Menurutnya, terdapat lebih dari 200 masyarakat Korsel yang tertarik mendukung lewat cabor taekwondo, renang, bola basket dan beberapa pertandingan lainnya.
 
Kendati demikian, kelompok besar penonton yang mendukung penyatuan Korea itu juga akan hadir pada perlombaan dayung dan kano. Pasalnya, terdapat tim gabungan Korut dan Korsel yang bakal bertanding.
 
"Kami selalu ingin membuka diri. Kami percaya pihak Korea Utara sedikit-sedikit juga akan membuka diri," tutup Song. (ANT)
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif