Hal ini sudah dipraktekkan oleh Ducati, Yamaha dan Honda. Mereka punya jaringan untuk melakukan pemecahan masalah secara bersama-sama. Bahkan tak jarang pembalap di tim satelit juga dipersilahkan mencicipi paket upgrade terbaru yang sedang diuji coba tim pabrikan.
Hal menarik lainnya adalah tim satelit ini juga bisa jadi tempat untuk mendidik pembalap pendatang baru. Agar mereka bisa beradaptasi tanpa mengorbankan target besar tim utama. Lantaran jika pembalap rookie ini langsung masuk ke tim pabrikan, mereka tak punya kesempatan untuk bertempur secara full dengan tim lain yang punya skuad pembalap berpengalaman.
"Ini adalah impian besar kami. Suzuki ingin punya alokasi motor lagi di MotoGP, karena kami belum pernah mengalami bagaimana rasanya punya tim satelit. Tapi ini takkan mudah. Sekarang semua sumber yang kami miliki fokus ke tim utama lebih dulu," beber Prinsipal tim Suzuki Racing, Davide Brivio.
Untuk membuat tim satelit, tentunya tidak akan mudah. Suzuki butuh tambahan orang, tambahan staf dan harus piawai dalam hal pengaturan kepentingan. Sehingga dampak positifnya benar-benar terasa.
Rumor yang ramai jadi pembicaraan adalah Pramac Racing bakal melepaskan hubungan mereka dengan tim Ducati dan beralih ke mesin Suzuki.
Baca juga:
Honda dan Yamaha Puji Strategi Penyeragaman ECU MotoGP
Marquez Mulai Paham Pentingnya Strategi Juara Dunia
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id