Naik Podium, Rossi Terinspirasi Sang Adik & Folger

Gregah Nurikhsani Estuning 16 Juli 2018 23:48 WIB
MotoGP 2018
Naik Podium, Rossi Terinspirasi Sang Adik & Folger
Luca Marini (paling kanan) keluar sebagai juara GP Jerman. (Foto: AFP PHOTO / Robert MICHAEL)
Hohenstein-Ernstthal: Valentino Rossi mengungkapkan resep suksesnya naik podium pada MotoGP Jerman, akhir pekan kemarin. The Doctor mengaku terinspirasi oleh sang adik, Luca Marini dan pembalap Yamaha Tech3 Jonas Folger.

Sebelum balapan MotoGP, adik Rossi Luca Marini lebih dulu beraksi di Sirkuit Sachsenring. Tampil di kelas Moto2, Marini tampil apik dan berhasil meraih podium pertamanya usai jadi yang tercepat ketiga di belakang Joan Mir dan Brad Binder yang tampil sebagai pemenang.

Kesuksesan sang adik membuat Rossi tampil penuh percaya diri meski faktanya ia harus memulai balalapan dari posisi 17. Rossi tampil nyaris tanpa cela hingga akhirnya sukses naik podium dua di belakang Marc Marquez yang tampil sebagai pemenang. 


"Kualifikasi, latihan, dan race sangatlah berbeda. Ada saat-saat di mana Anda harus lebih baik di aspek tertentu, khususnya saat balapan," ujar Rossi dikutip dari Crash.

"Saya mencoba untuk berkonsentrasi dan saya sudah siap, terutama setelah adik saya naik podium di Moto2. Saya harus memberikannya selamat. Dia memberikan saya kekuatan dan motivasi tambahan untuk melalukan hal yang sama," sambungnya lagi.


Klik: Pawai Obor Asian Games Melintas di Kota Malang


Selain kesuksesan sang adik, inspirasi Rossi didapat dari kesuksesan Jonas Folger di musim lalu. Kala itu, Folger yang membela tim satelit Yamaha sukses membuat kejutan besar pada seri MotoGP Jerman tahun 2017.

Folger yang tidak diunggulkan malah tampil gemilang dan berhasil mengungguli para pembalap tim pabrikan seperti Rossi dan Vinales. Folger akhirnya berhasil naik podium dua usai memberikan perlawanan sengit pada Marquez yang keluar sebagai pemenang.

"Tahun lalu, saya datang ke sini  (Sachsenring) dengan perasaan tidak nyaman dengan motor sehingga gagal tampil kompetitif. Tapi Folger, ia tidak tidak tahu bahwa ini adalah sirkuit yang sulit buat Yamaha. Ia malah mampu tampil fantastis dan bersaing dengan Marc," lanjut Rossi.

"Jadi, saya mempelajari segala hal dari Folger. Mulai dari racing line yang diambilnya, bagaimana ia mengendalikan motor, juga soal settingan motor. Pokoknya semuanya. Penampilan Folger tahun lalu membantu saya. Jadi, kami pantas memberikan trofi ini untuknya," tandas pembalap 39 tahun tersebut.

Video: Marquez Juara MotoGP Jerman
 



(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id