Fabio Quartararo. (Andreas SOLARO / AFP)
Fabio Quartararo. (Andreas SOLARO / AFP)

Kaleidoskop 2021

Kaleidoskop MotoGP 2021: Marquez Kembali Mengaspal, Rossi Pensiun, dan Quartararo Juara Dunia

Olahraga valentino rossi kaleidoskop olahraga MotoGP 2021 Kaleidoskop 2021 Kaleidoskop Olahraga 2021
Kautsar Halim • 30 Desember 2021 11:09
Jakarta: Perhelatan MotoGP 2021 diwarnai sejumlah peristiwa menarik. Beberapa di antaranya terdapat Marc Marquez yang kembali mengaspal, Valentino Rossi gantung helm, dan Fabio Quartararo yang keluar sebagai juara dunia.
 
Marquez yang pernah menjadi juara dunia MotoGP sebanyak enam kali mengalami cedera lengan dan bahu pada seri pembuka musim 2020 di Jerez, Spanyol. Insiden itu membuatnya harus melewat sisa musim 2020 yang mulai terganggu karena pandemi covid-19.
 
Kembalinya Marc Marquez

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menjelang seri ketiga musim 2021 di Portugal, kondisi pembalap tim Repsol Honda itu makin membaik dan dia pun lulus tes medis untuk kembali mengaspal. Marquez lantas finis ketujuh di MotoGP Portugal dan selesai di urutan sembilan pada seri selanjutnya di MotoGP Spanyol.
 
Namun, performanya tampak merosot saat melakoni MotoGP Prancis, Italia, dan Catalunya karena dia selalu gagal menyelesaikan balapan. Baby Alien--julukan Marquez baru bisa kembali naik podium pertama ketika melakoni seri kedelapan di Jerman. Klik di sini 
 
Meski tampil tidak konsisten karena dihantui cedera, Marquez tetap menyelesaikan musim 2021 di urutan tujuh klasemen akhir dan dia juga sempat menang berturut-turut di MotoGP Amerika Serikat dan Emilia Romagna. Namun, Marquez tidak bisa mengikuti dua seri terakhir di Algarve dan Valencia karena cedera. Klik di sini
 
Valentino Rossi Pensiun
Legenda hidup Valentino Rossi mengumumkan bahwa musim 2021 merupakan tahun terakhirnya sebagai pembalap MotoGP menjelang seri kesepuluh di Styria pada awal Agustus. Keputusan itu disampaikan setelah makin kesulitan bersaing bersama tim satelit Petronas Yamaha.
 
Rossi sendiri menyelesaikan musim 2021 dengan berada di urutan 18 klasemen akhir karena hanya mampu mengumpulkan 44 poin. Dia selalu gagal naik podium dalam 18 seri yang dimainkan dan sempat tiga kali gagal menyelesaikan lomba di MotoGP Portugal, Catalunya, dan Belanda.
 
Selepas adanya mengumumkan bakal gantung helm, tiap akhir balapan MotoGP diwarnai momen perpisahan Rossi yang cukup meriah dengan para penggemar. Kemudian kabarnya, Rossi juga bakal lebih fokus menjajal dunia balap mobil di masa mendatang. Klik di sini 
 
Fabio Quartararo Juara Dunia Anyar
Quartararo sukses menyabet gelar juara dunia MotoGP pertamanya dengan selalu finis pertama di Doha, Portugal, Italia, Belanda, dan Britania Raya. Dia menyelesaikan musim 2021 dengan mengumpulkan 278 poin dan menjadi pembalap Prancis pertama yang bisa menyabet gelar primer.
 
Gelar juara dunia itu sudah dikunci Quartararo ketika finis keempat secara dramatis di MotoGP Emilia Romagna. Sebab, Francesco Bagnaia sebagai pesaing terkuatnya malah terjatuh ketika balapan tersisa lima lap dan El Diablo--julukan Quartararo nyaris naik podium ketiga jika tidak disalip Enea Bastianini pada lap terakhir.
 
Quartararo menjuarai MotoGP 2021 ketika berusia 22 tahun sambil merebut podium sebanyak 10 kali. Dia baru bergabung dengan tim Monster Energy Yamaha MotoGP untuk menggantikan Rossi pada tahun ini, dan tidak memiliki riwayat sebagai juara dunia Moto3 atau Moto2 dalam perjalanan kariernya. Klik di sini 
 
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif